Pengembangan media kartu bergambar "ABATA" dengan penganalogian benda untuk pelafalan huruf Hija'Iyyah bagi siswa Tunagrahita kelas 1 di SDLB Idayu 2 Pakis Malang / Uswatun Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kartu bergambar "ABATA" dengan penganalogian benda untuk pelafalan huruf Hija'Iyyah bagi siswa Tunagrahita kelas 1 di SDLB Idayu 2 Pakis Malang / Uswatun Safitri

Safitri, Uswatun (2021) Pengembangan media kartu bergambar "ABATA" dengan penganalogian benda untuk pelafalan huruf Hija'Iyyah bagi siswa Tunagrahita kelas 1 di SDLB Idayu 2 Pakis Malang / Uswatun Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa tunagrahita mengalami kesulitan dalam berpikir abstrak memusatkan perhatian dan jangka ingatan pendek. Berdasarkan studi pendahuluan di SDLB Idayu 2 Pakis mereka mengalami kesulitan mengenal bentuk dan pelafalan huruf hija iyyah serta belum tersedia media pembelajaran yang variatif. Melihat karakteristik siswa tunagrahita pemilihan media yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka akan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Media visual dapat memberikan stimulus dan menarik minat siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini mengembangkan kartu bergambar ABATA pengenalan huruf hija iyyah dengan penganalogian benda. Tujuan pengembangan secara umum yaitu menghasilkan media ABATA dengan metode penganalogian benda berupa kartu bergambar yang valid dimanfaatkan bagi siswa tunagrahita kelas I dalam pengenalan dan melafalkan huruf hija iyyah di SDLB Idayu 2 Pakis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Branch tahapan pengembangan yaitu (1) Analysis atau analisis data (2) Design atau desain media (3) Development atau pengembangan (4) Implementation atau implementasi uji coba media dan (5) Evaluation atau evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket terhadap keefektifan media ABATA untuk pengenalan huruf hija iyyah berharakat bagi siswa tunagrahita kelas I. Analisis data menggunakan analisis validitas dan reabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ABATA dengan penganalogian benda sangat valid digunakan. Hasil dari validator ahli materi diperoleh skor senilai 95% 88% dan 96% hasil validasi dari ahli media diperoleh skor senilai 99% 98% dan 92% hasil validasi dari praktisi diperoleh skor senilai 95% dan hasil validasi dari praktisi memperoleh skor senilai 87% 95% dan 98%. Skor akhir dari masing-masing diperoleh hasil 94% (sangat layak). Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah berdasarkan uji coba penggunaan media ABATA pada siswa tunagrahita kelas I secara kuantitatif dapat meningkatkan hasil belajar. Saran dari penelitian ini adalah (1) ABATA diharapkan lebih variatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan (2) Untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas lagi tidak hanya di SDLB Idayu 2 Pakis Malang tetapi untuk semua ABK dan sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197639

Actions (login required)

View Item View Item