Pengembangan Modul bilangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa Tunagrahita ringan di SLB C Pertiwi Ponorogo / Resta Nindia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Modul bilangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa Tunagrahita ringan di SLB C Pertiwi Ponorogo / Resta Nindia Putri

Putri, Resta Nindia (2021) Pengembangan Modul bilangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa Tunagrahita ringan di SLB C Pertiwi Ponorogo / Resta Nindia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Resta Nindia. 2021. Pengembangan Modul Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 1 di Slb C Pertiwi Ponorogo. Skripsi Jurusan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) Sinta Yuni Susilawati S.Pd M.Pd Kata Kunci Tunagrahita Ringan Kemampuan Berhitung Modul Bilangan 1-10 Tunagrahita Ringan adalah sesseorang yang mengalami hambatan intelektual di bawah rata-rata dengan IQ antara 50-75. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada narasumber di SLB C Pertiwi Ponorogo ditemukan adanya permasalahan dalam materi bilangan pada siswa tunagrahita ringan kelas I masih ada beberapa bilangan yang hilang dan dilupakan. Jika diberikan pertanyaan acak siswa kesulitan dan salah menjawab. Terkadang siswa salah dalam menyebutkan bilangan yang ia lihat salah dalam menunjukan bilangan sesuai yang ia dengar dan siswa belum mampu menulis bilangan 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul bilangan 1-10 pada pembelajaran matematika kelas I di SLB C Pertiwi Ponorogo dan menguji kefektifanya melalui uji coba. Modul bilangan 1-10 mengadaptasi 10 langkah dari metode pengembangan Dick Carey yang disederhanakan menjadi 8 langkah. Kevalidan produk diperoleh dari hasil validasi 1 ahli materi 1 ahli media 1 ahli pembelajaran ABK dan 1 pengguna (guru). Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 3 siswa di SLB C Pertiwi Ponorogo. Hasil pengembangan produk ini diperoleh dari data sebagai berikut (1) validasi ahli materi 88 63% (sangat valid dengan revisi kecil) (2) validasi ahli media 100% (sangat valid dengan revisi kecil) (3) validasi ahli pembelajaran ABK 81 25% (valid dengan revisi sedang) (4) validasi pengguna (guru) 79 54% (valid dengan revisi sedang) (5) hasil rata-rata pretest 69 2 meningkat pada posttest 88 2. Hasil pengembangan keseluruhan dapat dikatakan bahwa modul bilangan 1-10 layak menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung. Kelebihan dari modul bilangan 1-10 yaitu (1) tampilan modul sangat menarik (2) materi mudah dipahami oleh siswa (3) terdapat latihan soal dan penugasan yang menyenangkan (4) terdapat lembar latihan motorik. Kekurangan pada modul bilangan ini tidak terdapat kunci jawaban untuk lembar soal dan penugasan yang telah disediakan. Saran dalam pengembangan selanjutnya untuk mengkaji pemilihan materi dan media yang akan digunakan disesuaikan dengan kerakteristik dan kemampuan subjek sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197572

Actions (login required)

View Item View Item