Rahayu, Norma Anis Rahayu (2021) Akomodasi kurikulum bagi anak disabilitas intelektual di madrasah ibtidaiyah (studi kasus di mit ar-roihan lawang) / Norma Anis Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Disabilitas intelektual merupakan gangguan keterbatasan yang signifikan pada fungsi intelektual dan perilaku sehingga mempengaruhi keterampilan sosial dan keterampilan praktis sehari-hari. Meskipun memiliki keterbatasan pada kemampuan belajarnya namun anak disabilitas intelektual tetap memiliki hak untuk mendapatkan layanan pendidikan. Salah satu bentuk layanan pendidikannya yaitu pendidikan inklusif dengan sistem layanan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak untuk belajar bersama di sekolah umum dan tetap memperhatikan keragaman serta kebutuhan individual sehingga potensi anak dapat berkembang secara optimal. Penyelenggaraan pendidikan inklusif wajib memberikan akomodasi yang layak bagi peserta didik penyandang disabilitas seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2020. Namun proses pelaksanaan pendidikan inklusif di madrasah ibtidaiyah mengalami beberapa kendala diantaranya akomodasi kurikulum. Fokus penelitian untuk mendeskripsikan akomodasi kurikulum bagi anak disabilitas intelektual yang terdiri dari (1) pengembangan standar kompetensi lulusan (2) pengembangan standar isi (3) pengembangan standar proses dan (4) pengembangan standar penilaian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Subjek penelitian adalah akomodasi kurikulum bagi anak disabilitas intelektual di MIT Ar-Roihan Lawang. Sumber data diperoleh melalui teknik wawancara observasi dan studi dokumen bersama kepala madrasah koordinator inklusi dan guru pembimbing khusus (GPK) sebagai informan. Pengolahan data melalui tahapan (1) triangulasi sumber dan data (2) memberi kode dan (3) mengklasifikasikan data. Analisis data dilakukan dengan cara (1) memadukan teori dan pengalaman (2) mengelompokkan informasi berdasarkan kategori dan (3) menarik kesimpulan. Hasil penelitian memaparkan bahwa pelaksanaan akomodasi kurikulum bagi anak disabilitas intelektual di MIT Ar-Roihan Lawang dikembangkan berdasarkan kemampuan kebutuhan dan kondisi anak. Sistem kelulusan dilaksanakan dengan mempertimbangkan usia kronologis anak. Akomodasi pada kurikulum dikembangkan dengan menggunakan model duplikasi modifikasi dan adaptasi. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran bagi anak disabilitas intelektual menggunakan sistem daring dan luring. Pada proses pelaksanaan tersebut Guru pembimbing khusus (GPK) memiliki peran yang sangat penting. Akomodasi pada proses penilaian bagi anak disabilitas intelektual dilaksanakan secara fleksibel namun tetap dapat mengukur kemampuan anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |