Pengaruh media pembelajaran large movable alphabet (lma) terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita di SLB-BC Putra Harapan Kabupaten Malang / Noviana Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran large movable alphabet (lma) terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita di SLB-BC Putra Harapan Kabupaten Malang / Noviana Tri Wahyuni

Wahyuni, Noviana Tri (2021) Pengaruh media pembelajaran large movable alphabet (lma) terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita di SLB-BC Putra Harapan Kabupaten Malang / Noviana Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Noviana Tri. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Large Movable Alphabet (LMA) Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Tunagrahita Di SLB-BC Putra Harapan Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq. A M M.Pd (2) Ibu Umi Safiul Ummah S.Pd M.Pd Kata Kunci tunagrahita large movable alphabet kemampuan menulis permulaan Anak dengan tunagrahita ringan merupakan anak yang memiliki kemampuan kecerdasan di bawah rata ndash rata siswa normal (reguler). Permasalahan utama yang dihadapi oleh anak tunagrahita ringan selain kemampuan dalam komunikasi dan bersosialisasi juga dalam bidang akademik. Salah satunya dalam kegiatan menulis. Bagi kebanyakan anak tunagrahita ringan menulis merupakan suatu aktivitas yang masih cukup sulit untuk dilakukan. Karena dalam menulis harus melibatkan integrasi antara kemampuan visual-motorik dan kemampuan konseptual yang dipengaruhi oleh kognitif. Dalam penelitian ini perilaku sasarannya adalah kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita ringan di SLB-BC Putra Harapan Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Montessori terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB-BC Putra Harapan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen satu kelompok One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini membutuhkan subjek sebanyak 6 siswa yang nantinya pada proses penelitian akan dilakukan pengumpulan data dimulai dari kegiatan pre-test dilanjutkan dengan treatmenr (perlakuan) dan terakhir yaitu post-test. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test didapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari media pembelajaran Large Movable Alphabet (LMA) terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB-BC Putra Harapan Kabupaten malang. Saran yang diajukan oleh penulis untuk lembaga sekolah ialah hasil dari penelitian dapat digunakan oleh guru di kelas sebagai pandangan lain dalam segi penggunaan media pembelajaran dalam upaya mengoptimalkan serta meningkatkan kemampuan menulis siswa tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197549

Actions (login required)

View Item View Item