Persepsi guru terhadap anak berkebutuhan khusus di SD Negeri Sumbersari 1 / Silvita - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap anak berkebutuhan khusus di SD Negeri Sumbersari 1 / Silvita

Silvita (2021) Persepsi guru terhadap anak berkebutuhan khusus di SD Negeri Sumbersari 1 / Silvita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Silvita. 2021. Persepsi Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Negeri Sumbersari 1 rdquo . Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Abdul Huda M.Pd (2) Umi Safiul Ummah S.Pd M.Pd Kata Kunci Persepsi Guru Anak Berkebutuhan Khusus Anak berkebutihan khusus adalah anak yang memiliki kelainan pada sosial intelektual komunikasi dan interaksi yang membutuhkan penanganan secara khusus dari mayarakat dan lingkungan sekitar. anak berkebutuhan khusus juga anak yang spesial yang berbeda pada anak pada umumnya yang membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar untuk meningkatkan perkembangan pada anak. anak berkebutuhan khusus membutuhkan pelayanan yang dapat mengembangkan potensi pada anak terutama dalam sosialisasi seperti sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemahaman guru terhadap anak berkebutuhan khusus dari suddut pandang pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh guru. Hal ini ditinjau dari persepsi penerimaan sekolah dan lingkungan sebaya bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 10 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan langkah-langkah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan tringulasi data. Hasil penelitian menujukkan persepsi guru tentang anak berkebutuahan khusus sangat baik yang mengatakan anak bekebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kesulitan dalam bersosialisasi yang membutuhkan penanganan secara khusus dari lingkungan sekitar dan dengan fasilitas yang memadai untuk anak berkebutuhan khusus. persepsi Aksesibilitas anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif dilakukan dengan baik warga sekolah sangat mendukung anak berkebutuhan khusus bersekolah di inklusi yang bertujuan untuk mengembangkan sosialisi pada anak. lingkungan sebaya anak berkebutuhan khusus snagat mendukung dengan keberadaan anak berkebutuhan khusus anak regular membimbing anak berkebutuhan khusus dan berinteraksi seperti pada umumnya. Saran dari penelitian ini adalah 1) sekolah dapat meningkatkan fasilitas sekolah untuk anak berkebutuhan khusus 2) guru dapat mendidik dan mengajarkan dengan sikap kepedulian yang tinggi terhadap anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197525

Actions (login required)

View Item View Item