Maulana, M Ikhwan Maulana (2020) Persepsi mahasiswa reguler terhadap difabel dalam organisasi di universitas negeri malang / M IKHWAN MAULANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maulana M Ikhwan. 2020. Persepsi Mahasiswa Reguler Terhadap Mahasiswa Difabel Dalam Organisasi di Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abd. Huda M.Pd (II) dr.Agung Kurniawan M.Kes Kata Kunci persepsi mahasiswa difabel organisasi Pendidikan merupakan hal pokok dalam kehidupan pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan proses perkembangan dan ketercapaian mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa merupakan sebutan untuk seseorang yang sedang menempuh atau menjalani pendidikan di sebuah perguruan tinggi seperti sekolah tinggi akademi dan universitas. Sudah menjadi hal yang lumrah untuk mahasiwa membentuk lingkungan komunikasi dan organisasi guna mempersiapkan kompetensi sebelum terjun ke dalam masyarakat. Namun para mahasiswa yang berstatus disabilitas tampaknya masih kesulitan memperoleh penerimaan di lingkungan organisasi. Oleh karena itu peneliti akan meneliti tentang persepsi mahasiswa organisasi terhadap para mahasiswa difabel di Universitas Negeri Malang dan upaya yang dilakukan mahasiswa dalam penerimaan mahasiswa difabel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan persepsi mahasiswa regular di dalam organisasi terhadap mahasiswa difabel di Universitas Negeri Malang. Dalam mendeskripsikan persepsi mahasiswa regular penulis membagikannya menjasi tiga aspek yaitu pengethuan dasar difabel persepsi personal mahasiswa dan persepsi mahasiswa di dalam organisasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Angket. Lokasi penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Malang. Subjek penelitian adalah mahasiswa regular yang berorganisasi di Universitas Negeri Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa organisasi terhadap mahasiswa difabel di Universitas Negeri Malang masuk pada kategori baik. Mahasiswa reguler dapat memahami pengertian mahasiswa berkebutuhan khusus klasifikasinya sikap toleransi baik dalam pesepsi pribadi maupun dalam sikap berorgansasi. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa dari organisasinya GEMPITA dengan mahasiswa organisasi umum terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus. Selain itu upaya yang dilakukan oleh mahasiswa reguler yaitu membangun lingkungan yang ramah serta tidak membeda-bedakan. Saran bagi mahasiswa untuk mempertahankan sikap empati dan simpati dengan memberikan perhatian khusus terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus agar mahasiswa berkebutuhan khusus dapat terus merasa nyaman saat berada di lingkungan organisasi sehingga mereka dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |