Pengaruh media maze countboard terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas V di SLB BC Putra Harapan / Rahima Oktavia Satiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media maze countboard terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas V di SLB BC Putra Harapan / Rahima Oktavia Satiti

Satiti, Rahima Oktavia (2021) Pengaruh media maze countboard terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas V di SLB BC Putra Harapan / Rahima Oktavia Satiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunagrahita merupakan suatu kondisi yang merujuk pada keterbatasan fungsi intelektual terhadap individu sehingga dapat memengaruhi aspek perkembangan lainnya. Diketahui bahwa kemampuan berhitung penjumlahan dengan teknik menyimpan siswa tunagrahita kelas V di SLB BC Putra Harapan sangat rendah. Sehingga perlu adanya pemanfaatan media pembelajaran yang efektif guna meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan belajar berhitung penjumlahan siswa kelas V di SLB BC Putra Harapan sebelum menggunakan media maze countboard (2) mendeskripsikan kemampuan belajar berhitung penjumlahan siswa kelas V di SLB BC Putra Harapan setelah menggunakan media maze countboard (3) mendeskripsikan pengaruh media maze countboard terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas V di SLB BC Putra Harapan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas V berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tulis dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji Wilcoxon. Sebelum siswa diberikan treatment menggunakan media maze countboard nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 50. Setelah diberikan treatment nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 78. Dari hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.038 lt 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media maze countboard terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas V di SLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang. Saran bagi sekolah diharapkan menyediakan media maze countboard untuk sarana pembelajaran matematika khususnya pada materi penjumlahan dengan teknik menyimpan agar proses belajar lebih interaktif bagi guru diharapkan dapat memanfaatkan media maze countboard dalam proses pembelajaran matematika sehingga dapat menarik perhatian fokus dan memunculkan motivasi belajar siswa agar tidak mudah bosan bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan media maze countboard untuk materi yang berbeda misalnya pada operasi hitung pengurangan perkalian atau pembagian serta menerapkannya pada subjek dengan hambatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197513

Actions (login required)

View Item View Item