Studi kasus perilaku temper tantrum anak dalam bersosialisasi di TK Dharma Wanita Kempeng II Kabupaten Kediri / Siti Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus perilaku temper tantrum anak dalam bersosialisasi di TK Dharma Wanita Kempeng II Kabupaten Kediri / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2020) Studi kasus perilaku temper tantrum anak dalam bersosialisasi di TK Dharma Wanita Kempeng II Kabupaten Kediri / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatimah Siti. 2020. Studi Kasus Perilaku Temper Tantrum Anak Dalam Bersosialisasi Di TK Dharma Wanita Kempleng II Kabupaten Kediri. Skripsi Prodi S1 ndash Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. (II) Nur Anisa S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Temper tantrum Sosialisasi Temper tantrum adalah masalah perilaku yang umum dialami oleh anak-anak prasekolah dengan mengekspresikan kemarahan seperti tidur di lantai meronta-ronta berteriak. Berdasarkan pengamatan awal studi kasus yang telah dilakukan peneliti menemukan bahwa ada salah satu anak yang memiliki perilaku unik di TK Dharma Wanita Kempleng II Kabupaten Kediri yang berinisial AFN. Anak yang mengalami perilaku temper tantrum mengalami beberapa kendala dalam bersosialisasi karena anak dapat bertingkah agresif kepada teman atau orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui anak mengalami temper tantrum dalam bersosialisasi faktor anak yang mengalami temper tantrum penanganan anak yang mengalami temper tantrum dalam bersosialisasi dan hasil penanganan anak yang mengalami temper tantrum dalam bersosialisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus single subyek. Pada penelitian ini dilakukan dengan kondisi sesungguhnya yaitu di TK Dharma Wanita Kempleng II di rumah subyek yang beralamat di Desa Kempleng Dusun Ngasem Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi yaitu teknik triangulasi waktu sumber dan teknik. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 Februari sampai 4 April 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa perilaku anak yang mengalami temper tantrum yaitu memukul berkata kasar dengan mengkritik orang lain menghentak-hentakkan kaki ketika marah atau menangis menjambak rambut melempar benda-benda di sekitarnya. AFN dapat bersosialisasi dengan teman atau orang dewasa dengan pendampingan orang tua. Faktor penyebab temper tantrum adalah ketika keinginannya tidak terpenuhi membuat AFN menjadi mencari perhatian. Penanganan yang dilakukan oleh guru kelas dalam menghadapi anak yang mengalami temper tantrum adalah melalui pendekatan dengan cara mengingatkan dan memberikan motivasi kepada siswa. Penanganan yang dilakukan oleh nenek dan ibu AFN adalah dengan cara menegur dan memberikan nasehat kepada AFN ketika berperilaku temper tantrum serta membiasakan AFN untuk saling berbagi dan meminjamkan mainan dengan orang lain. Kesimpulannya setelah dilakukan penanganan yang lembut dari orang dewasa yang berada di sekitar anak. Terlihat dapat membantu perubahan dari AFN AFN menjadi lebih bisa mengendalikan emosinya saat bermain AFN sudah mulai bisa berbagi dengan meminjamkan mainan kepada temannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197508

Actions (login required)

View Item View Item