Upaya guru dalam mengoptimalkan kemampuan literasi pada anak usia 4-5 tahun melalui pendekatan saintifik di ra perwanida brawijaya kabupaten pamekasan / Arini Mubarroroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam mengoptimalkan kemampuan literasi pada anak usia 4-5 tahun melalui pendekatan saintifik di ra perwanida brawijaya kabupaten pamekasan / Arini Mubarroroh

Mubarroroh, Arini Mubarroroh (2021) Upaya guru dalam mengoptimalkan kemampuan literasi pada anak usia 4-5 tahun melalui pendekatan saintifik di ra perwanida brawijaya kabupaten pamekasan / Arini Mubarroroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh banyaknya anak usia dini yang mampu menghafal tetapi tidak bisa memahami sebuah literasi dasar. Literasi berhubungan dengan kemampuan membaca dan menulis pada anak yang harus dikenalkan sejak dini sebagai modal awal untuk mendapatkan pengetahuan baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui secara mendalam mengenai upaya yang dilakukan oleh guru sebagai tenaga pendidik dalam mengoptimalkan kemampuan literasi pada anak usia 4-5 tahun (2) penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan literasi (3) faktor pendukung guru dalam mengoptimalkan kemampuan literasi melalui pendekatan saintifik dan (4) faktor penghambat guru dalam mengoptimalkan kemampuan literasi melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan memaparkan data secara deskriptif. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dengan mengumpulkan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan oleh guru yaitu menjadikan literasi sebagai kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari agar anak lebih mudah mengingat dan memahami literasi dasar. Media metode dan teknik menarik digunakan oleh guru sebagai upaya mengenalkan dan mengoptimalkan literasi anak seperti huruf abjad huruf vokal dan angka-angka (2) lembaga RA Perwanida Brawijaya menerapkan pendekatan saintifik dalam implementasi kegiatan pembelajaran literasi yang tercantum dalam RPPH yang sudah ditetapkan dalam kegiatan pembukaan inti dan penutup (3) faktor pendukung guru yaitu semangat belajar dari anak dan adanya media pembelajaran yang bervariasi dan (4) media yang kurang bervariasi menjadi faktor penghambat guru dalam mengoptimalkan kemampuan literasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197424

Actions (login required)

View Item View Item