Pemetaan pola hubungan orang tua dan guru dalam pembelajaran diera pandemi covid-19 / Maesaroh Mujaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan pola hubungan orang tua dan guru dalam pembelajaran diera pandemi covid-19 / Maesaroh Mujaidah

Mujaidah, Maesaroh (2021) Pemetaan pola hubungan orang tua dan guru dalam pembelajaran diera pandemi covid-19 / Maesaroh Mujaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mujaidah Maesaroh. 2021. Pemetaan Pola Hubungan Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pola Hubungan Orang Tua dan Guru Pembelajaran Pandemi Covid-19 Pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 hingga kini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di seluruh dunia termasuk pendidikan. Langkah kebijakan yang diambil oleh banyak negara termasuk Indonesia adalah dengan meliburkan seluruh aktivitas pendidikan sementara dan melanjutkanya dengan menghadirkan alternatif proses pembelajaran jarak jauh bagi anak maupun mahasiswa yang tidak bisa melaksanakan proses pembelajaran. Langkah kebijakan yang diambil oleh banyak negara termasuk Indonesia adalah dengan meliburkan seluruh aktivitas pendidikan sementara dan melanjutkanya dengan menghadirkan alternatif proses pembelajaran jarak jauh bagi anak maupun mahasiswa yang tidak bisa melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang diatas terdapat hambatan dan kesulitan yang dihadapi anak dalam menjalani pembelajaran daring atau online. Dimana guru dalam proses pembelajaran anak memiliki keterbatasan waktu dan juga ruang. orang tua dapat memantau langsung proses belajar anak namun dengan kendala tidak semua orang tua memahami betul konsep pembelajaran anak usia dini. Maka perlu dilakukan penelitian yang mengkaji tentang pemetaan hubungan guru dan orang tua dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola hubungan orang tua dan guru dalam pembelajaran di era pandemi Covid-19. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan lebih meningkatkan kesadaran anak dalam belajarnya dengan memperhatikan dukungan dari orang tua Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif berbentuk survey. Dengan subjek penelitian seluruh wali murid dan guru TKIT Al- Uswah Singosari yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa antara Aspek Orang Tua dengan hasil Aspek Guru terdapat nilai Pearson Correlation sebesar 0.863 dengan signifikansi 0 000. Hal tersebut berarti bahwa terdapat korelasi positif antara Aspek Orang Tua dengan hasil Aspek Guru dengan tingkat hubungan sedang dan korelasi tersebut signifikan karena p lt 0 05 (0 000 lt 0 05). Kesimpulannya hasil uji korelasi terdapat korelasi positif dan signifikan aspek orang tua dengan hasil aspek guru dan uji linearitas variabel aspek orang tua terhadap aspek guru mempunyai hubungan yang linier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197422

Actions (login required)

View Item View Item