Pelaksanaan asesmen perkembangan anak usia dini pada pembelajaran jarak jauh kelompok A di TK Al-Hidayah 2 Plosokerep / Muhammad Ahyun Hasani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan asesmen perkembangan anak usia dini pada pembelajaran jarak jauh kelompok A di TK Al-Hidayah 2 Plosokerep / Muhammad Ahyun Hasani

Hasani, Muhammad Ahyun (2021) Pelaksanaan asesmen perkembangan anak usia dini pada pembelajaran jarak jauh kelompok A di TK Al-Hidayah 2 Plosokerep / Muhammad Ahyun Hasani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID 19 menyebabkan perubahan sistem pembelajaran semula berlangsung tatap muka menjadi jarak jauh. Hal tersebut membuat peneliti tertarik meneliti tentang pelaksanaan asesmen yang diterapkan pada pembelajaran jarak jauh di TK Al-Hidayah 2 Plosokerep. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan asesmen dan bentuk asesmen yang diterapkan di TK Al-Hidayah 2 Plosokerep selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Serta bertujuan untuk mengetahui kompetensi yang bisa diakses melalui pelaksanaan asesmen yang diterapkan dan respon pengguna di di TK Al-Hidayah 2 Plosokerep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah kualitatif deskriptif dengan desain penelitan studi kasus. Subjek penelitan ini adalah 2 pendidik dan 6 orang tua peserta didik TK Al-Hidayah 2 Plosokerep. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obserrvasi partisipatif wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui 4 tahap dimulai dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan asesmen yang diterapkan di TK Al-Hidayah 2 Plosokerep dalam perencanaan asemen penyusunan intrument penilaian dan menentukan teknik penilaian beracuan pada RPP. Pelaksanan asesmen dilakukan melalui WhatsApp dengan memberikan pujian disetiap tugas yang dikirimkan. Pengolahan dilakukan dengan cara pemberian bintang satu dua tiga sampai bintang empat. Pelaporan asesmen dilakukan setiap minggu bulan dan akhir semester. Sedangkan pemanfaatan asesmen digunakan untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya. Kompetensi yang dapat diakses pada pembelajaran jarak jauh di TK Al-Hidayah 2 Plosokerep terdapat kendala pada perkembangan sosial emosional. Terdapat berbagai respon yang diperoleh melalui 8 sumber data yang berbeda yang bertujuan untuk perbaikan sistem penilaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197419

Actions (login required)

View Item View Item