Analisis dampak implementasi pembelajaran daring terhadap karakter anak usia dini dimasa pandemi covid-19 / Alfi Rohmatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis dampak implementasi pembelajaran daring terhadap karakter anak usia dini dimasa pandemi covid-19 / Alfi Rohmatul Azizah

Azizah, Alfi Rohmatul (2021) Analisis dampak implementasi pembelajaran daring terhadap karakter anak usia dini dimasa pandemi covid-19 / Alfi Rohmatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan transformasi sistem pembelajaran di dunia dengan begitu cepat. Pembelajaran dilakukan melalui media berbasis jaringan. TK Children Center BSS UB merupakan salah satu TK di Kota Malang yang menggunakan media Google Classroom dan Zoom dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring. Pembelajaran dalam jaringan sendiri belum diketahui dampaknya terhadap pembenatukan karakter anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi pembelajaran daring pada anak usia dini (2) kendala dalam pembelajaran daring dan upaya mengatasinya (3) upaya pembentukan karakter anak selama pembelajaran daring dan (4) dampak dari implementasi pembelajaran daring terhadap karakter anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Subjek penelitian adalah guru dan orang tua di TK Children Center BSS UB. Teknik Pengumpulan data meliputi observasi wawancara kuisioner dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi pedoman wawancara lembar kuisioner dan pedoman dokumentasi. Analsis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yeng dilakukan menggunakan trianguasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan pembelajaran di TK Children Center BSS UB dilaksanakan menggunakan media Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting. Pembelajaran tersebut dilaksanakan oleh guru dengan melakukan perencanaan pelaksanaan kegiatan sesudah pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran. Penilaian kegiatan pembelajaran dilakukan melalui hasil karya anak yang dilampirkan dalam Google Classroom dan hasil capture pada zoom meeting. Pelaksaaan kegiatan pembelajaran daring memiliki beberapa kendala diantaranya terbatasnya jaringan internet dan ruang penyimpanan online penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran daring dan kebosanan anak dalam kegiatan pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran tersebut memberikan dampak positif dan negatif terhadap karakter anak. Dampak positif terlihat dengan adanya kemahiran anak dalam menggunakan teknologi pembelajaran dan munculnya karakter anak selama kegiatan pemeblajaran daring melalui google classroom dan zoom meeting. Karakter anak yang muncul ketika pembelajaran daring diantaranya yaitu karakter tanggungjawab disiplin religius nasionalisme berani sabar dan mandiri. Disisi lain pembelajaran daring menjadi penyebab turunnya kemampuan bersosialisasi pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197418

Actions (login required)

View Item View Item