Pengembangan multimedia interaktif tentang suhu dan kalor di kelas v sekolah dasar / IMELDA ZAHROTUL FIRDAUS - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif tentang suhu dan kalor di kelas v sekolah dasar / IMELDA ZAHROTUL FIRDAUS

Firdaus, Imelda Zahrotul Firdaus (2021) Pengembangan multimedia interaktif tentang suhu dan kalor di kelas v sekolah dasar / IMELDA ZAHROTUL FIRDAUS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdaus Imelda Zahrotul. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif tentang Suhu dan Kalor di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. (II) Drs. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Suhu dan Kalor Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia pembelajaran berbasis teknologi. Penggunaan media dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan serta mudah diingat. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi untuk IPA SD masih terbatas dan guru kurang terampil untuk mengembangkan media yang dibutuhkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk merancang dan mengembangkan produk media pembelajaran berbasis teknologi berupa powerpoint interaktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif tentang suhu dan kalor yang dinyatakan valid oleh ahli media dan ahli materi serta praktis menurut pengguna (peserta didik). Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall tetapi hanya menggunakan 8 dari 10 langkah yang ada yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi Awal (2) Perencanaan (3) Pengembangan Format Produk Awal (4) Uji Coba Produk pada Ahli/Validator (5) Revisi Hasil Uji Coba Produk/Validasi (6) Uji Coba Lapangan (7) Revisi Produk (8) Disseminasi dan Implementasi. Data diperoleh dari hasil validasi produk dan uji coba lapangan. Komentar dan saran dari ahli serta hasil uji coba lapangan digunakan untuk perbaikan produk. Uji coba dilakukan kepada tujuh peserta didik kelas V sekolah dasar yang mengikuti bimbingan belajar di lembaga bimbingan An-Naba rsquo . Produk hasil pengembangan berupa multimedia interaktif tentang suhu dan kalor untuk kelas V SD dengan kapasitas penyimpanan sebesar 116 399 Kb. Multimedia interaktif dikemas dalam 3 kotak CD (Compact Disc) dan dilengkapi buku petunjuk. Buku petunjuk berukuran 12 5 cm x 17 5 cm terbuat dari kertas glossy yang berisi kata pengantar identitas multimedia interaktif deskripsi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran serta langkah-langkah cara penggunaan produk. Produk multimedia interaktif dapat digunakan di komputer atau laptop yang memiliki aplikasi microsoft office powerpoint 2013. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor sebesar 77 5 atau 96 8% sesuai dengan kriteria atau dalam kategori sangat valid/layak digunakan. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 57 atau 95% sesuai dengan kriteria dalam kategori sangat valid/layak. Hasil uji coba pengguna (peserta didik) diperoleh skor sebesar 76 atau 98 7% sesuai dengan kriteria dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian selanjutnya agar pengembangan multimedia interaktif mencakup materi IPA yang lebih luas dan belum dikembangkan serta dilakukan uji coba pada skala yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197393

Actions (login required)

View Item View Item