Analisis pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 saat masa pandemi covid-19 di upt sd negeri boro 03 kabupaten blitar / Indah Sulistyo Windi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 saat masa pandemi covid-19 di upt sd negeri boro 03 kabupaten blitar / Indah Sulistyo Windi

Windi, Indah Sulistyo Windi (2020) Analisis pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 saat masa pandemi covid-19 di upt sd negeri boro 03 kabupaten blitar / Indah Sulistyo Windi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Windi Indah Sulistyo. 2021. Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19 di UPT SD Negeri Boro 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 ndash Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Zainuddin M.Pd (II) Dra. Sri Murdiyah M.Pd Kata Kunci penilaian autentik kurikulum 2013 pandemi covid-19 Pendidikan merupakan aset yang paling penting bagi setiap orang. Suatu sistem pendidikan dapat berjalan dengan baik jika dan tujuan dapat tercapai jika adanya peraturan yang mengatur pelaksanaanya. Kurikulum merupakan aturan tersebut. Di dalam kurikulum terdapat penilaian-penilaian yang disebut dengan penilaian autentik. Terdapat aspek-aspek yang ada di dalam penilaian autentik yaitu aspek sikap pengetahuan serta keterampilan dimana aspek-aspek tersebut harus dinilai serta disesuaikan dengan kehidupan nyata peserta didik. Namun dalam situasi pandemi seperti saat ini pelaksanaan penilaian autentik tidak dapat berjalan seperti semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik di UPT SDN Boro 03 Kabupaten Blitar pada saat pandemi covid-19. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas serta siswa kelas II dan IV SDN Boro 03. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara serta dokumentasi. Observasi dilakukan guna mengamati proses pelaksanaan pembelajaran serta penilaian autentik yang dilakukan oleh guru kelas. Selanjutnya dilakukan wawancara dengan guru serta siswa kelas II dan IV kemudian dilakukan pengumpulan bahan pendukung sebagai bukti data hasil observasi dan wawancara yaitu dokumentasi. Dokumentasi yaitu berupa foto selama penelitian berlangsung. Selanjutnya dilakukan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada masa pandemi covid-19 di SDN Boro 03 tidak berjalan dengan baik. Jenis-jenis yang ada dalam penilaian autentik tidak seluruhnya dilakukan. Guru kelas hanya melakukan penilaian aspek sikap dengan cara observasi aspek pengetahuan dengan cara tes tulis tes lisan serta penugasan sedangkan pada penilaian aspek sikap guru hanya melakukan penilaian produk. Selain itu guru juga tidak membuat RPP sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada masa pandemi covid-19 di SDN Boro 03 maka sebaiknya pelaksaan penilaian harus mengacu pada panduan yang ada walaupun pelaksaannya tidak dapat berjalan secara maksimal hendaknya seluruh guru tetap membuat rencana pelaksaanaan pembelajaran (RPP). Sehingga seluruh kegiatan dapat tersusun dengan baik dan rinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197380

Actions (login required)

View Item View Item