Implementasi pembelajaran tematik dalam pembelajaran daring kelas IV SD Gugus 3 Kedungkandang Kota Malang / Nur Ainy - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran tematik dalam pembelajaran daring kelas IV SD Gugus 3 Kedungkandang Kota Malang / Nur Ainy

Ainy, Nur (2021) Implementasi pembelajaran tematik dalam pembelajaran daring kelas IV SD Gugus 3 Kedungkandang Kota Malang / Nur Ainy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran tematik untuk jenjang pendidikan dasar SD/MI yang dilaksanakan dengan menyesuaikan karakteristik pembelajaran dan karakteristik kompetensi. Kebijakan pemerintah untuk menghentikan segala kegiatan yang berisikan kerumunan orang (social distancing) mengharuskan siswa untuk Belajar Dari Rumah (BDR). Hal ini mengakibatkan perubahan darurat pada sistem pembelajaran sehingga ditemui bahwa pembelajaran tematik tidak berjalan dengan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan hambatan pembelajaran tematik yang ditemui guru kelas IV pada aspek perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi angket wawancara dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 94 responden diantaranya 4 guru dan 90 siswa kelas IV dari 4 SD di Gugus 3 Kedungkandang. Teknik analisis data menggunakan (1) analisis statistik deskriptif (2) uji asumsi klasik yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas dan (3) uji hipotesis yang terdiri dari analisis korelasional menggunakan tabulasi persilangan Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran tematik dalam bentuk RPP berkualitas cukup baik dengan kualifikasi sedang (79 89%) (2) pelaksanaan pembelajaran tematik berkualitas baik dengan kualifikasi tinggi (91 49%) (3) evaluasi pembelajaran tematik pada aspek pengetahuan berkualitas baik dengan kualifikasi tinggi (81 34%) aspek keterampilan berkualitas baik dengan kualifikasi tinggi (81 40%) dan aspek sikap berkualitas baik dengan kualifikasi tinggi (83 94%) (4) terdapat hubungan antara hasil belajar siswa dengan perencanaan pembelajaran dengan nilai signifikansi (0 042 lt 0 05) (5) terdapat hubungan antara hasil belajar siswa dengan pelaksanaan pembelajaran dengan nilai signifikansi (0 045 lt 0 05) (6) terdapat hubungan antara hasil belajar siswa dengan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dengan nilai signifikansi (0 045 lt 0 05). Sehingga disarankan bagi kepala sekolah untuk dapat melakukan tindakan represif maupun kuratif salah satunya yaitu pengadaan pelatihan guru dalam hal IPTEK optimalisasi penerapan tiga dimensi utama pembelajaran bagi guru serta bahan pertimbangan dalam mengembangkan topik bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197283

Actions (login required)

View Item View Item