Implementasi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas iv selama pembelajaran daring di SDN Karangbesuki 1 kota Malang / Yesi Wulaning Anagari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas iv selama pembelajaran daring di SDN Karangbesuki 1 kota Malang / Yesi Wulaning Anagari

Anagari, Yesi Wulaning (2021) Implementasi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas iv selama pembelajaran daring di SDN Karangbesuki 1 kota Malang / Yesi Wulaning Anagari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik merupakan penerapan nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran untuk memperkuat karakter siswa. Namun adanya covid-19 membuat kegiatan pembelajarannya harus dilakukan secara daring. Salah satu sekolah di Kota Malang yang menerapkan pembelajaran daring adalah SDN Karangbesuki 1 Kota Malang Kegiatan pembelajarannya menggunakan aplikasi bernama whatsapp group sehingga membuat penerapan nilai karakter menjadi sangat terbatas. Oleh sebab itulah peneliti ingin mengetahui lebih dalam terkait dengan implementasi penguatan pendidikan karakter selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Peneliti ini dilakukan dikelas IV karena dalam pembelajaran tematik selama daring guru kelas IV hanya menggunakan whatsapp saja sedangkan guru kelas lain dalam kegiatan pembelajarannya sangat bervariasi yaitu menggunakan zoom atau google classroom. Penelitian ini tentu memiliki perbedaan dengan penelitian terdahulu. Perbedaannyaterletak pada pelaksanaannya dimana pada penelitian ini dilaksanakan selama pembelajaran daring sedangkan pada penelitian terdahulu dilakukan secara tatap muka. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik dikelas IV selama pembelajaran daring pada perencanaan pelaksanaan dan evaluasi telah dilaksanakan oleh guru. Pada perencanaan terlihat guru telah mengintegrasikan empat nilai karakter yang meliputi nilai religius nasionalis mandiri dan integritas. Pada pelaksanaan guru juga telah menerapkan empat nilai karakter yang meliputi nilai religius nasionalis mandiri dan integritas. Sedangkan pada evaluasi penilaian dilakukan guru dengan menilai sikap spiritual dan sikap sosial siswa. Sikap spiritual dapat dinilai pada saat siswa berdo rsquo a sebelum kegiatan pembelajaran. kemudian sikap sosial dapat dinilai melalui nilai kedisiplinan tanggung jawab dan jujur terhadap tugas yang diberikan. Kesimpulannya nilai karakter yang paling menonjol dan sangat dibutuhkan oleh siswa selama pembelajaran daring menurut guru adalah nilai kedisiplinan kejujuran dan tanggung jawab karena dengan menerapkan nilai karakter kedisiplinan kejujuran dan tanggung jawab siswa tidak akan melupakan tugasnya meskipun kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197167

Actions (login required)

View Item View Item