Analisis asesmen pembelajaran ppkn daring kelas ii sdn plintahan 1 dan sdn durensewu 1 kabupaten pasuruan / Miftakhul Romzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis asesmen pembelajaran ppkn daring kelas ii sdn plintahan 1 dan sdn durensewu 1 kabupaten pasuruan / Miftakhul Romzah

Romzah, Miftakhul Romzah (2021) Analisis asesmen pembelajaran ppkn daring kelas ii sdn plintahan 1 dan sdn durensewu 1 kabupaten pasuruan / Miftakhul Romzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran PPKn menekankan pada penanaman nilai-nilai Pancasila yang bertujuan untuk mewujudkan perilaku kehidupan siswa sebagai individu masyarakat warga Negara dan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Pembelajaran PPKn diharapkan dapat menjadikan siswa menjadi pribadi yang berpedoman pada Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan. Pada penerapannya pembelajaran PPKn saat ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) akibat pandemi Covid-19 yang mulai menyerang Indonesia sejak Maret 2020. Pembelajaran daring dilakukan berdasarkan kebijakan dari pemerintah yaitu melangsungkan belajar dari rumah (BDR). Pada pembelajaran PPKn daring guru melakukan kegiatan pembelajaran sekaligus melakukan asesmen secara daring. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran proses asesmen yang dilakukan oleh guru yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan asesmen pembelajaran PPKn daring. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II SDN Plintahan 1 dan SDN Durensewu 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan memaparkan asesmen pembelajaran PPKn daring kelas II oleh guru SDN Plintahan 1 dan SDN Durensewu 1. Asesmen pembelajaran yang dimaksud yaitu mencakup perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan oleh guru. Analisis data dilakukan untuk menarik kesimpulan dari asesmen pembelajaran PPKn daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas II di SDN Plintahan 1 dan SDN Durensewu 1 tidak membuat RPP secara daring namun RPP pembelajaran biasa sedangkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring tindakan ini tidak sesuai dengan saran pemerintah dalam melakukan pembelajaran daring. Guru merencanakan penilaian kognitif pada RPP yaitu menggunakan teknik tes yang diberikan kepada siswa. Namun dalam pelaksanaannya penilaian kognitif tidak dilakukan sesuai dengan RPP dan bergantung pada keputusan guru. Guru merencanakan penilaian sikap pada RPP dengan menggunakan teknik observasi dalam menilai sikap siswa. Namun dalam pelaksanaannya penilaian sikap tidak dilakukan sesuai dengan RPP dikarenakan pada masa pandemi guru sulit untuk melakukan observasi secara langsung sikap siswa selain itu penilaian sikap ditentukan oleh guru sesuai dengan keadaan pandemi. Guru merencanakan penilaian keterampilan namun tidak melaksanakan sesuai dengan RPP dengan alasan bahwa penilaian keterampilan sulit dilakukan saat pandemi dan ketika pembelajaran online guru membutuhkan waktu yang banyak dan panjang untuk melakukan kegiatan penilaian keterampilan. Disimpulkan pada penelitian ini guru SDN Plintahan 1 dan SDN Durensewu 1 melakukan asesmen ranah kognitif berdasarkan keputusan guru melakukan asesmen ranah afektif berdasarkan keputusan guru dan tidak melakukan asesmen ranah psikomotor. Penelitian ini dapat memberikan saran kepada guru dan sekolah guru dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan perbaikan guru dalam melaksanakan penilaian khususnya penilaian pembelajaran PPKn Daring sekolah dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan evaluasi sekolah untuk melakukan pengarahan dalam penyusunan RPP Daring sesuai dengan peraturan pemerintah. Pengarahan dapat diberikan mengenai perencanaan dan pelaksanaan penilaian Pembelajaran PPKn Daring sesuai dengan keadaan pandemi pada pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197165

Actions (login required)

View Item View Item