Pengembangan e-modul menggunakan software flip PDF professional materi pecahan kelas v Sekolah Dasar / Nurfadilla Yustina Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul menggunakan software flip PDF professional materi pecahan kelas v Sekolah Dasar / Nurfadilla Yustina Putri

Putri, Nurfadilla Yustina (2021) Pengembangan e-modul menggunakan software flip PDF professional materi pecahan kelas v Sekolah Dasar / Nurfadilla Yustina Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Nurfadilla Yustina. 2021. Pengembangan E-Modul Menggunakan Software Flip PDF Professional Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M.Pd. (II) Dr. Erif Ahdhianto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci E-Modul materi pecahan kelas V. Matematika merupakan salah satu muatan di Sekolah Dasar yang penting untuk dipelajari secara mendalam karena dapat mempengaruhi daya pikir manusia. Pada muatan matematika peserta didik cenderung mengalami kesulitan dalam memahami materi pecahan. Pecahan diajarkan di kelas V. Peserta didik yang sedang duduk di bangku kelas V Sekolah Dasar harus dapat memahami materi pecahan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian dan menentukan ke jenjang yang lebih tinggi. Peserta didik memerlukan bahan ajar untuk melakukan kegiatan pembelajaran terlebih pada masa pandemi yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (daring). Penelitian dan pengembangan ini ditujukan untuk perbaikan dalam dunia Pendidikan. Tujuan yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan bahan ajar E-Modul yang valid menurut ahli bahan ajar (2) Menghasilkan bahan ajar E-Modul yang valid menurut ahli materi dan (3) Menghasilkan bahan ajar E-Modul yang praktis menurut pengguna (guru dan peserta didik). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan untuk mendukung dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu ADDIE. Dan hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa E-Modul yang mengangkat muatan matematika dengan materi pecahan untuk kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan E-Modul memiliki desain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Desain pada pengembangan ini terdapat beberapa menu. Menu pada E-modul yaitu terdapat halaman judul kata pengantar petunjuk penggunaan KI KD Indikator tujuan pembelajaran kata-kata motivasi cerita fabel dengan diberikan aktivitas untuk peserta didik mengenai materi pecahan video pembelajaran yang terhubung dengan youtube materi kumpulan soal games yang terhubung dengan quizizz dan terdapat halaman untuk peserta didik menuliskan harapannya setelah melakukan pembelajaran pecahan menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan E-Modul mendapatkan nilai sebesar 98 68% tergolong kriteria sangat valid untuk digunakan berdasarkan nilai dari ahli bahan ajar. Ahli materi memberikan nilai sebesar 83 33% dengan kategori sangat valid. Selain diuji kevalidan juga dilakukan uji kepraktisan dengan guru kelas V dengan nilai sebesar 94 23% dan dilakukan uji kepraktisan dengan peserta didik kelas V Sekolah Dasar mendapatkan nilai sebesar 88 59% dan dinyatakan sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-Modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis. Dengan hasil yang menunjukan kevalidan dan kepraktisan sehingga E-Modul dapat digunakan sebagai perantara pembelajaran pada muatan matematika materi pecahan untuk kelas V Sekolah Dasar. Setelah penelitian dan pengembangan ini diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan E-Modul dengan lebih inovatif dan cakupan lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197153

Actions (login required)

View Item View Item