Pengembangan e-modul berbentuk flipbook muatan ilmu pengetahuan sosial dengan penguatan sikap kemandirian siswa kelas 5 sd / FITRI LESTARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbentuk flipbook muatan ilmu pengetahuan sosial dengan penguatan sikap kemandirian siswa kelas 5 sd / FITRI LESTARI

Lestari, Fitri Lestari (2021) Pengembangan e-modul berbentuk flipbook muatan ilmu pengetahuan sosial dengan penguatan sikap kemandirian siswa kelas 5 sd / FITRI LESTARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-modul merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran yang memuat materi ilustrasi/gambar video pembelajaran tugas soal latihan dan evaluasi. E-modul dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah di kelas V SDN Sentul 3 SDN Tanggung 1 SDN Bendogerit 1 SDN Pakunden 2 dan SDN Karangtengah 1 Kota Blitar dimana permasalahan yang sama antara 5 SD tersebut yaitu selama pembelajaran daring siswa kurang aktif serta pemahaman siswa menurun bahan ajar utama yang digunakan berupa buku tematik. Selain itu materi muatan IPS yang sulit dipahami siswa yaitu materi Tema 5 KD 3.1 dan 4.1. Kemudian dari analisis kebutuhan siswa pada 6 siswa SDN Sentul 3 Kota Blitar dimana siswa menyukai buku tematik namun materinya kurang lengkap. Beberapa siswa merasa bosan dengan penyajian materi buku tematik. Selain itu dibutuhkan video ilustrasi/gambar agar siswa memahami materi. Pengembangan ini dilakukan didukung dengan ketertarikan siswa terhadap dunia digital. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan e-modul berbentuk flipbook muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penguatan sikap kemandirian siswa kelas 5 SD yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan ahli pembelajar. Praktis menurut ahli bahan ajar ahli pembelajar dan siswa serta menarik menurut ahli pembelajar dan siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahap yang meliputi analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi instrumen wawancara angket dan dokumentasi. Analisis angket ahli materi ahli bahan ajar dan ahli pembelajar menggunakan skala Likert. Sedangkan angket respon siswa dianalisis menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data menggunakan persentase kemudian hasilnya dikategorisasikan. Hasil pengolahan data menunjukan hasil validasi produk oleh ahli materi sebesar 100% ahli bahan ajar sebesar 89 2% dan ahli pembelajar sebesar 100% semua penilaian kevalidan termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan produk oleh ahli bahan ajar sebesar 100% ahli pembelajar sebesar 100% dan respon siswa sebesar 97 2% sehingga dapat kategori sangat praktis. Hasil uji kemenarikan produk oleh ahli pembelajar sebesar 100% dan respon siswa sebesar 97 6% sehingga dapat kategori sangat menarik. Sedangkan hasil penilaian sikap kemandirian memperoleh nilai sebesar 100%. Hasil analisis validasi ahli materi ahli bahan ajar dan ahli pembelajar serta angket respon siswa menunjukan bahwa e-modul berbentuk flipbook muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penguatan sikap kemandirian siswa kelas 5 SD dinyatakan sangat valid praktis dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197151

Actions (login required)

View Item View Item