Analisis miskonsepsi IPA materi kalor menggunakan certainty of response index (CRI) pada siswa kelas v SDN Kepanjenlor 2 / Shofiyatul Fuadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis miskonsepsi IPA materi kalor menggunakan certainty of response index (CRI) pada siswa kelas v SDN Kepanjenlor 2 / Shofiyatul Fuadah

Fuadah, Shofiyatul (2021) Analisis miskonsepsi IPA materi kalor menggunakan certainty of response index (CRI) pada siswa kelas v SDN Kepanjenlor 2 / Shofiyatul Fuadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep merupakan suatu pernyataan yang menggabungkan beberapa fakta. Setiap siswa memiliki penafsiran tersendiri tentang suatu konsep yang disebut konsepsi. Jawaban siswa yang salah terhadap suatu konsep dapat diartikan bahwa jawaban tersebut tidak sesuai dengan tafsiran yang berlaku yang disepakati oleh para ilmuwan maka dapat diartikan siswa mengalami miskonsepsi. Metode CRI merupakan suatu cara yang dapat mengidentifikasi siswa yang mengalami miskonsepsi sekaligus membedakan siswa yang tidak paham konsep serta siswa yang paham konsep dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat miskonsepsi IPA materi kalor berdasarkan CRI pada siswa kelas V SDN Kepanjenlor 2. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Validasi instrumen oleh ahli materi menggunakan skala Likert memperoleh nilai rata- rata 99% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi uji coba terhadap 22 siswa selain subjek penelitian hasil uji validitas 30 butir soal menggunakan Pearson Product Moment memperoleh nilai koefisien diatas 0 30 dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach memperoleh nilai koefisien 0 901 sehingga instrumen dapat dikatan valid dan reliabel untuk digunakan. Analisis data dilakukan dengan langkah menentukan nilai CRI berdasarkan skala yang disusun oleh Hasan Bagayoko dan Kelley kemudian menganalisis data jawaban yang diberikan (benar atau salah) dengan nilai CRI (tinggi atau rendah) sehingga dapat dibedakan siswa yang paham konsep (P) miskonsepsi (M) dan tidak paham konsep (TP) kemudian dilakukan perhitungan persentase dengan rumus selanjutnya miskonsepsi dikategorisasikan dalam beberapa kategori yaitu rendah sedang dan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa kelas V Supriadi SDN Kepanjenlor 2 mengalami miskonsepsi materi kalor dengan kategori tingkat miskonsepsi rendah sebesar 30% artinya sebagian besar siswa sudah memahami materi kalor dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197146

Actions (login required)

View Item View Item