Urbasa, Aloysius Ricky Urbasa (2020) Pelaksanaan pembelajaran daring pada kelas iv c selama masa pandemi di sekolah dasar negeri kauman 1 kota malang / Aloysius Ricky Urbasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini di dunia pendidikan formal sedang terjadi perubahan siswa dari pelaksanaan di sekolah menjadi di rumah secara daring karena adanya penyebaran covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan pelaksanaan pembelajaran daring yang meliputi perencanaan pelaksanaan evaluasi kendala dan solusi selama pelaksanaan pembelajaran daring kelas IV C di SDN Kauman 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh dari Guru dan orang tua siswa kelas IV C melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif melalui tahapan reduksi penyajian verifikasi penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan perencanaan ditemukan perencanaan pembelajaran sudah disusun oleh guru di awal tahun pembelajaran dengan mengikuti workshop yang diadakan oleh sekolah. Dalam kegiatan tersebut para guru dilatih untuk menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan hanya whatsapp google classroom dan google meet agar pelaksanaannya fleksibel. Pada kegiatan evaluasi ditemukan guru mendapatkan hasil evaluasi dari penugasan sehari-hari pembagian dan pengumpulan tugas evaluasi juga melalui google classroom dengan pengumpulan mengikuti batas waktu yang ditentukan oleh guru siswa mengerjakan evaluasi dengan didampingi orang tua. Berdasarkan paparan data tersebut dapat simpulkan bahwa pembelajaran daring pada kelas IV C di SDN Kauman 1 Kota Malang telah disusun dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan baik sehingga pembelajaran daring terlaksana dengan maksimal. Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan karena adanya kerja sama yang baik antara guru dan orang tua. Guru membutuhkan peran orang tua sebagai pendamping siswa selama melaksanakan pembelajaran daring. Saran yang diberikan kepada pihak sekolah yaitu diharapkan sekolah tetap melakukan monitoring pada guru untuk memantau pelaksanaan pembelajaran daring memberikan solusi dari kendala yang terjadi dan mendukung guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Bagi guru diharapkan mampu mempertahankan serta meningkatkan kompetensi terutama untuk memudahkan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Bagi peneliti lain diharapkan penelitian dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mahasaiswa atau peneliti lain yang berminat meneliti lebih lanjut tentang pelaksanaan pembelajaran daring dengan sumber data yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197144 |
Actions (login required)
View Item |