Pengembangan alat evaluasi taksonomi bloom berbasis qr code dengan penguatan karakter mandiri materi siklus air dan peristiwa alam kelas V SDN 2 Surodakan / Dwi Nurhayatul Fadlilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat evaluasi taksonomi bloom berbasis qr code dengan penguatan karakter mandiri materi siklus air dan peristiwa alam kelas V SDN 2 Surodakan / Dwi Nurhayatul Fadlilah

Fadlilah, Dwi Nurhayatul (2021) Pengembangan alat evaluasi taksonomi bloom berbasis qr code dengan penguatan karakter mandiri materi siklus air dan peristiwa alam kelas V SDN 2 Surodakan / Dwi Nurhayatul Fadlilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadlilah Dwi Nurhayatul. 2021. Pengembangan Alat Evaluasi Taksonomi Bloom Bebasis QR Code dengan Penguatan Karakter Mandiri Materi Siklus Air dan Peristiwa Alam Kelas V SDN 2 Surodakan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd. (II) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. Kata Kunci alat evaluasi taksonomi Bloom berbasis QR Code materi siklus air karakter mandiri. Alat evaluasi merupakan kegiatan mengukur dan menilai untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik sehingga dapat dijadikan perbaikan dalam proses pembelajaran dan tercapai tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini dikembangkan alat evaluasi berdasarkan taksonomi Bloom berbasis QR Code dan dilengkapi dengan penguatan karakter mandiri. Alat evaluasi dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah di kelas V SDN 2 Surodakan dimana alat evaluasi tidak selalu diberikan kepada peserta didik salah satunya materi siklus air dan peristiwa alam. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan alat evaluasi taksonomi Bloom berbasis QR Code dengan penguatan karakter mandiri materi siklus air dan peristiwa alam kelas V yang valid menurut ahli evaluasi dan ahli materi praktis menurut pengguna dan menarik menurut peserta didik. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan sesuai model 4D yaitu define design development dan disseminate. Data yang dianalisis berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil 1) validitas produk oleh ahli evaluasi dan ahli materi 2) kepraktisan produk oleh guru sebagai pengguna 3) kemenarikan produk oleh peserta didik. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh ahli evaluasi ahli materi pengguna dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi taksonomi Bloom berbasis QR Code dengan penguatan karakter mandiri materi siklus air dan peristiwa alam kelas V layak digunakan. Validitas produk menurut ahli evaluasi mencapai 96 87% dan ahli materi 92 85%. Sehingga diperoleh rata-rata dengan validitas 94 86% yang berarti produk sangat valid. Kemudian kepraktisan produk oleh guru sebagai pengguna mencapai 93 75% berarti produk sangat praktis menurut pengguna. Serta kemenarikan produk mencapai 95 5% berarti produk sangat menarik menurut peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi taksonomi Bloom berbasis QR Code dengan penguatan karakter mandiri materi siklus air dan peristiwa alam di kelas V sangat valid sangat praktis dan sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Sebaiknya pengembangan alat evaluasi taksonomi Bloom berbasis QR Code dengan penguatan karakter mandiri tidak hanya dikembangkan pada materi siklus air dan peristiwa alam melainkan pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197128

Actions (login required)

View Item View Item