Efektivitas pembelajaran blended learning berbasis whatsapp untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv di SDN Bumiayu 2 / Viscal Oktari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran blended learning berbasis whatsapp untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv di SDN Bumiayu 2 / Viscal Oktari

Oktari, Viscal (2021) Efektivitas pembelajaran blended learning berbasis whatsapp untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv di SDN Bumiayu 2 / Viscal Oktari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Oktari Viscal 2021. Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bumiayu 2. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nihayati .Pd M.Pd (II) Arda Purnama Putra M.Pd Kata Kunci Efektivitas Blended Learning cedil Whatsapp dan Hasil Belajar Selama masa pandemi Covid-19 membawa banyak sekali perubahan dalam kehidupan yang salah satunya pada bidang pendidikan. Perubahan yang terjadi akibat dari pandemi covid-19 dalam bidang pendidikan yaitu perubahan sistem pembelajaran yang pada awalnya dilaksanakan secara tatap muka menjadi pembelajaran secara online. Pembelajaran online yang saat ini sedang dilakukan membawa dampak positif maupun negatif bagi guru maupun siswa yang salah satunya berdampak pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Bumiayu 2 Malang ditemukan beberapa permasalahan terkait hasil belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran daring. Hasil belajar yang rendah tersebut disebabkan karena kurang adanya pemanfaatan sumber belajar yang variatif dan hanya memberikan tugas kepada siswa tanpa diberikan materi pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat menunjang hasil belajar siswa dan pemahaman konsep siswa terhadap materi pembelajaran. Hal ini juga didukung berdasarkan hasil pretest dengan rata-rata kelas yaitu 47 12 dengan sampel siswa sebanyak 26 siswa. Berdasarkan hasil pretest tersebut rata-rata hasil belajar siswa rendah. Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar maka perlu adanya inovasi dalam pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa kelas IV SDN Bumiayu 2. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian pre-eksperiment. Desain penelitian pre-eksperiment yang digunakan yaitu pretest post test one group design. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan pretest memberikan tindakan berupa model pembelajaran blended learning dan juga post test. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan dokumentasi serta tes objektif berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan berupa blended learning. Hal ini didukung dengan data dari pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample test dengan nilai signifikansi 0 lt 0 05. Sedangkan hasil belajar melalui uji gain score terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan data pretest dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 47 12 dan pada saat post test rata-rata menjadi 75 96. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan menunjukkan bahwa blended learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bumiayu 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197125

Actions (login required)

View Item View Item