Pengembangan media pembelajaran interaktif melalui instagram pada materi peninggalan sejarah hindu budha di indonesia kelas iv sdn tisnonegaran 1 kota probolinggo / Renaldo Jaya Lesmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif melalui instagram pada materi peninggalan sejarah hindu budha di indonesia kelas iv sdn tisnonegaran 1 kota probolinggo / Renaldo Jaya Lesmana

Lesmana, Renaldo Jaya (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif melalui instagram pada materi peninggalan sejarah hindu budha di indonesia kelas iv sdn tisnonegaran 1 kota probolinggo / Renaldo Jaya Lesmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif melalui Instagram dilaksanakan di kelas IV SDN Tisnonegaran 1 Kota Probolinggo. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Tisnonegaran 1 Kota Probolinggo menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap pembelajara IPS cukup rendah khususnya pada materi peninggalan sejarah Hindu Budha di Indonesia. Selain itu Penggunaan media pembelajaran daring di SDN Tisnonegaran 1 Kota Probolinggo juga belum optimal. Guru hanya menggunakan Whatsapp Group dalam melakukan pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif melalui instagram pada materi peninggalan sejarah Hindu Budha di Indonesia untuk kelas IV SD yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna dan praktis menurut siswa. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif melalui instagram menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan meliputi (1) Analysis (2) Design (3) Development (4)Implememtation (5)Evaluation. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa media pembelajaran interaktif melalui instagram. Produk yang dihasilkan telah melalui proses validasi dan uji coba produk. Kevalidan produk diperoleh dari hasil validasi materi mencapai tingkat kevalidan 100% validasi media 90% dan pengguna 100%. Sedangkan kepraktisan produk diperoleh berdasarkan uji coba produk dengan hasil sebesar 98% untuk uji coba awal dan 97 55 untuk uji coba keseluruhan.Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan sudah valid dan praktis untuk digunakan saat proses pembelajaran daring. Media pembelajaran melalui instagram hanya sebagai alternatif media pembelajaran dan bukan merupakan media utama yang dapat digunakan selama daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197124

Actions (login required)

View Item View Item