Peran orangtua dalam mendampingi anak tk terhadap persepsi tentang belajar dari rumah di kecamatan Klojen Kota Malang / Ta'jun Nisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran orangtua dalam mendampingi anak tk terhadap persepsi tentang belajar dari rumah di kecamatan Klojen Kota Malang / Ta'jun Nisa'

Nisa', Ta'jun (2021) Peran orangtua dalam mendampingi anak tk terhadap persepsi tentang belajar dari rumah di kecamatan Klojen Kota Malang / Ta'jun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Orangtua memiliki pengaruh sangat besar pada tumbuh kembang dan pendidikan anak sehingga mereka memiliki peran penting dalam segala hal. Pada masa pandemi ini orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan formal sang anak karena dengan adanya wabah baru yang datang ke Indonesia pada tahun 2019 yaitu covid-19 yang merupakan penyakit menular sehingga pemerintah indonesia menanamkan kebijakan social distancing berskala besar agar dapat memutus mata rantai wabah ini. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah di alihkan agar dilakukan di rumah saja. Dengan penerapan belajar dari rumah sehingga pendidik dan peserta didik melakukan proses pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi seperti zoom meeting atau google meet. Tujuan dari penelitian ini adalah a) mendeskripsikan peran orangtua dalam mendampingi anak b) persepsi tentang belajar dari rumah c) mengetahui ada-tidaknya hubungan antara peran orangtua dalam mendampingi anak dan persepsi tentang belajar dari rumah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui tujuan (a) dan (b) peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik persentase sementara untuk mengetahui tujuan (c) dilakukan dengan metode analisis korelasional data penelitian dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik rank spearman karena data pada dua variabel penelitian berskala ordinal. Penelitian ini dilaksanakan di TK Se- Kecamatan Klojen Kota Malang dengan sampel sebanyak 100 orangtua yang memiliki anak TK dipilih secara proportional cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan a) peran orangtua dalam mendampingi anak termasuk kedalam kategori sangat baik b) persepsi tentang belajar dari rumah efektif untuk dilakukan di masa pandemi covid-19 termasuk kedalam kategori baik dan c) terdapat hubungan signifikan antara peran orangtua dalam mendampingi anak dan persepsi tentang belajar dari rumah pada anak TK. Saran untuk orangtua dan pendidik adalah alangkah baiknya sebelum dilaksanakan belajar dari rumah pendidik memberikan pemahaman kepada orangtua terkait pelaksanaan belajar dari rumah sehingga pada saat pembelajaran berlangsung orangtua mengetahui dan memahami permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dan orangtua selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197100

Actions (login required)

View Item View Item