Kecanggihan moodle sebagai media pelatihan e-learning pada kegiatan pelatihan pertanian di balai besar pelatihan pertanian ketindan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecanggihan moodle sebagai media pelatihan e-learning pada kegiatan pelatihan pertanian di balai besar pelatihan pertanian ketindan

Nosa, Hadasa Radius Septa (2021) Kecanggihan moodle sebagai media pelatihan e-learning pada kegiatan pelatihan pertanian di balai besar pelatihan pertanian ketindan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) merupakan sebuah media pembelajaran berbasis web yang digunakan untuk kepentingan pendidikan. Media ini menjadi alternatif dalam kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Penggunaan media ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecanggihan moodle sebagai media pelatihan berbasis e-learning di BBPP Ketindan. Mendeskripsikan konsep knowledge skill attitude dalam penggunaan moodle di BBPP Ketindan. Mendeskripsikan proses pelatihan berbasis e-learning dengan menggunakan moodle sebagai media di BBPP Ketindan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara observasi dan studi dokumentasi. Informan dalam wawancara merupakan orang-orang yang terlibat pada fokus penelitian yang dilakukan peneliti. Sebelum penelitian berlangsung peneliti melakukan identifikasi terhadap permasalahan yang sedang ada di sekitarnya. Penelitian ini terfokus pada moodle sebagai media pelatihan e-learning dalam pelatihan di BBPP Ketindan yang meliputi kecanggihannya dan proses penggunaannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan moodle efisien dalam hal waktu tenaga dan biaya. Pemakaian Moodle tidak selalu lancar ada pula yang mengalami gangguan atau masalah. Baik itu dari sisi manusia maupun dari bendanya. Proses pembelajaran dalam moodle didukung oleh aplikasi-aplikasi lainnya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran sangat beragam setiap widyaiswara memiliki metode dan strategi tersendiri dalam melakukan kegiatan belajar-mengajar peserta didik. Melalui moodle fasilitator juga dapat melakukan penilaian terhadap knowledge skill attitude (KSA). Saran ke depan untuk BBPP Ketindan yaitu lebih meningkatkan lagi penggunaan moodle sehingga pelatihan berbasis e-learning yang diadakan semakin baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 01:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197057

Actions (login required)

View Item View Item