Pemanfaatan sumber belajar berbasis digital pada program pendidikan kesetaraan paket c di PKBM Mentari kecamatan Wagir kabupaten Malang / Nurwahidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan sumber belajar berbasis digital pada program pendidikan kesetaraan paket c di PKBM Mentari kecamatan Wagir kabupaten Malang / Nurwahidin

Nurwahidin (2021) Pemanfaatan sumber belajar berbasis digital pada program pendidikan kesetaraan paket c di PKBM Mentari kecamatan Wagir kabupaten Malang / Nurwahidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahidin Nur. 2020. Pemanfaatan Sumber Belajar Digital pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Mentari Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd. (II) Edi Widianto S.Pd M.Pd Kata Kunci sumber belajar digital pendidikan kesetaraan PKBM Sumber belajar digital adalah sumber belajar yang dikelola menggunakan teknologi digital yang menggunakan signal sebagai saran penghubung kepada medianya sebagai penyampai pesan yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam hal ini adalah internet. Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan pada 20 November 2019 di PKBM Mentari peneliti mendapat sejumlah data bahwa terdapat pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar digital serta terdapat fasilitas-fasilitas yang di desain oleh PKBM dalam menunjang praktik pemanfaatan sumber belajar digital. Penelitian dilakukan di PKBM Mentari kecamatan Wagir Kabupaten Malang dengan jumlah populasi 150 orang warga belajar pada program pendidikan kesetaraan paket C. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ramdom sampling dengan sampel sebanyak 105 orang warga belajar. penelitian dilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan 30 item pernyataan didalamnya. Analisis data menggunakan spss 16 for windows dengan rumus analyses gt desciptive analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar pada sumber belajar paket C yang terdapat dalam PKBM Mentari menunjukkan bahwa proses pemanfaatan sumber belajar di PKBM mentari menunujukkan tingkat pemanfaatan yang sangat tinggi dengan presentase sebesar 90.4%. Kemudian ditinjau dari pemanfaatan internet di PKBM Mentari menunjukan tingkat pemanfaatan yang tinggi dengan presentase sebesar 76 % sedangkan untuk fasilitas internet yang digunakan sebagai sumber belajar di PKBM Mentari menunjukan tingkat pemanfaatan yang tinggi dengan presentase sebesar 71.9 % . Hal ini menunjukkan pemanfaatam sumber belajar berbasis digital di PKBM mentari Tinggi. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa pemanfaatan sumber belajar digital masih bersifat isidental pemanfaatan utamanya di dasarkan pandemi covid-19 yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disarankan untuk pengola PKBM dan Dinas Pendidikan agar lebih memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar berbasis digital pada program pendidikan kesetaraan paket C. Selain itu hendaknya disusun paltfoarm khusus yang sudah terstruktur agar lebih mudah bagi warga belajar dalam mengakses pembelajaran tidak hanya dari media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197054

Actions (login required)

View Item View Item