Persepsi masyarakat di kota malang tentang kebijakan sertifikasi pranikah / Iswahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi masyarakat di kota malang tentang kebijakan sertifikasi pranikah / Iswahyudi

Iswahyudi (2021) Persepsi masyarakat di kota malang tentang kebijakan sertifikasi pranikah / Iswahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebijakan sertifikasi pranikah merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang diterapkan sebagai syarat kelengkapan pencatatan pernikahan. Penerapan kebijakan ini dilakukan dengan mengadakan kursus atau pelatihan pranikah yang dilakukan di KUA bagi calon pengantin dan juga remaja usia menikah. Kota Malang termasuk salah satu kota yang telah menerapkan kebijakan ini namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Hal ini dapat dikarenakan perbedaan persepsi masyarakat terkait kebijakan sertifikasi pranikah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui persepsi masyarakat guna memperoleh data sebagai masukan untuk mendukung penerapan kebijakan ini. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat Kota Malang mengenai program sertifikasi pranikah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk usia menikah di Kota Malang yang berjumlah 107.910 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dihitung berdasarkan rumus Yamane dengan taraf kesalahan 10% atau 0 1 dan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan diolah menggunakan analisis deskriptif. Teknik Product Moment Pearson digunakan untuk menguji keabsahan instrumen sedangkan teknik yang digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen yaitu Alpha Cronbach. Semua teknik analisis statistik tersebut dikerjakan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini merepresentasikan bahwa (a) penerimaan masyarakat di Kota Malang tentang kebijakan sertifikasi pranikah tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 83 7% (b) pemahaman masyarakat di Kota Malang tentang kebijakan sertifikasi pranikah tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 87% dan (c) penilaian masyarakat di Kota Malang tentang kebijakan sertifikasi pranikah tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81 7%. Dengan demikian maka persepsi masyarakat di Kota Malang tentang kebijakan sertifikasi pranikah masuk dalam kategori sangat baik dengan besaran persentase 84 2%. Hal ini berarti masyarakat di Kota Malang memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap kebijakan sertifikasi pranikah dan menilai bahwa kebijakan tersebut sangat penting untuk dilaksanakan. Berdasarkan hal tersebut maka saran dari peneliti adalah (a) masyarakat yang tidak setuju dengan pemberlakuan kebijakan sertifikasi pranikah agar lebih sadar mengenai pentingnya bekal pengetahuan sebelum melangsungkan pernikahan sehingga upaya dalam membentuk keluarga sakinah dapat terwujud (b) KUA di Kota Malang sebaiknya lebih giat dalam menyosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya mengikuti program sertifikasi pranikah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197043

Actions (login required)

View Item View Item