Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis WEB mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA An-Nur Bululawang Malang / Muhammad Abdul Ghofur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis WEB mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA An-Nur Bululawang Malang / Muhammad Abdul Ghofur

Ghofur, Muhammad Abdul (2011) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis WEB mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA An-Nur Bululawang Malang / Muhammad Abdul Ghofur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Web TIK Sadiman Salah satu media pembelajaran yang berkembang pada saat ini adalah teknologi informasi yang wujudnya berupa web dan salah satu teknologi informasi yang mendukung pembelajaran adalah komputer khususnya pembelajaran berbasis web. Web dapat disajikan dengan perpaduan gambar tulisan dan gerak yang berguna untuk mempermudah pemahaman belajar dan juga bisa diakses tidak harus di satu tempat atau terpaku pada lokasi tertentu selama bisa tergabung dalam jaringan. Sehingga bisa dikatakan web bisa dimanfaatkan dimana saja dan kapan saja ketika memang pembelajaran itu dibutuhkan. Berdasarkan hasil observasi di SMA An-Nur Bululawang Malang dalam pencapaian nilai harian belajar siswa dalam ulangan harian dipandang masih belum memenuhi target SKM mata pelajaran TIK yakni 70 sedangkan siswa ratarata nilainya 50-60. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pola pembelajaran yang masih bersifat konvensional sekolah memberikan batasan dalam akses internet karena ditakutkan siswa yang berstatus santri menggunakan internet untuk mengakses situs porno atau untuk hal-hal yang negatif dikarenakan memang belum tersedianya teknisi tenaga ahli dalam pengontrolan akses internet maka dari itu siswa belum bisa memanfaatkan internet secara maksimal dalam pembelajaran serta jumlah siswa yang lebih banyak dari setiap kelas rata-rata 40 siswa dibandingkan jumlah komputer yang tersedia 20 unit sehingga masih perlu adanya upaya peningkatan hasil belajar salah satunya dengan variasi dalam pembelajaran di sekolah. Web pembelajaran diharapkan menjadi pilihan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Karena media web ini bisa diakses melalui jaringan yang sudah dimiliki oleh sekolah sehingga siswa bisa belajar secara mandiri. Selain itu media web sudah diorganisasikan dan dikombinasikan dengan materi gambar suara video tutorial dan soal latihan di sajikan secara interaktif memberikan pembelajaran yang menarik dan dapat mempermudah guru dalam penyampaian pesan pembelajaran kepada siswa dalam memahami materi serta memotivasi belajar siswa sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan itu maka pengembang memandang perlu memproduksi media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses belajar mengajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran berbasis web. Adapun tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis web yang memberikan variasi dalam pembelajaran serta untuk mengetahui validitas multimedia pembelajaran berbasis web mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI semester 2 dengan materi pokok software pengolahan angka Microsoft excel 2003 dan untuk mengetahui apakah produk yang dibuat memberikan variasi baik dari segi media maupun metode pembelajaran yang dihasilkan maupun dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Multimedia pembelajaran berbasis web ini dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan Sadiman yang terdiri dari 9 langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan materi (4) perumusan alat pengukuran keberhasilan (5) desain (storyboard) (6) produksi (7) validasi (8) revisi. (9) produk siap dimanfaatkan Pengumpulan data dilakukan pengembang dengan menggunakan angketvalidasi pre test dan post test kepada ahli media ahli materi dan audien kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran serta meningkatnya hasil belajar siswa sesudah menggunakan multimedia pembelajaran berbasis web. Hasil pengembangan Multimedia pembelajaran berbasis web untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi tentang software pengolahan angka microsoft excel 2003 di SMA An-Nur Bululawang Malang ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 97 5% ahli media mencapai tingkat kevalidan 87 5% dan uji responden (siswa) Perseorangan mencapai tingkat kevalidan 90% kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 76 75% dan hasil uji lapangan mencapai tingkat kevalidan 80 7%. Dan dari hasil nilai uji coba siswa post test di bandingkan dengan pre test pada uji coba perseorangan 29% uji coba kelompok kecil 26% dan uji coba lapangan 23 3%.Menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis web untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi tentang software pengolahan angka microsoft excel 2003 di SMA An-Nur Bululawang Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga bisa dikatakan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran pengembang bagi pengembang produk selanjutnya yakni mengkaji lebih dalam pada saat pemilihan materi pemilihan software yang digunakan komposisi warna gambar dan menyediakan teknisi untuk mengatur jaringan internet untuk mengontrol secara berkelanjutan pada penggunaan internet sehingga pengaksesan internet bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran dan kemudian memberikan balikan yang akan di dapat oleh siswa agar menghasilkan media yang layak disajikan dalam bentuk multimedia pembelajaran berbasis web.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item