Strategi marketing mix jasa pendidikan dalam menumbuhkan animo calon peserta didik memilih sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Firman Budi Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi marketing mix jasa pendidikan dalam menumbuhkan animo calon peserta didik memilih sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Firman Budi Santoso

Santoso, Firman Budi (2021) Strategi marketing mix jasa pendidikan dalam menumbuhkan animo calon peserta didik memilih sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Firman Budi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Santoso Firman Budi. 2021. Strategi Marketing Mix Jasa Pendidikan Dalam Menumbuhkan Animo Calon Peserta Didik Memilih Sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP. (2) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci strategi marketing mix pemasaran jasa pendidikan animo calon peserta didik Semakin meningkatnya persaingan di dunia pendidikan mengharuskan setiap lembaga melakukan promosi untuk menarik minat calon wali murid dan siswa terutama bagi sekolah swasta yang cenderung memiliki pasar yang dinamis. Apabila sekolah tidak mengelola pemasaran dengan baik besar kemungkinan sekolah akan mendapatkan calon konsumen yang sedikit. Kegiatan pemasaran oleh SMK Muda Malang di sosial media cukup baik dan menginformasikan segala aspek yang dimiliki sekolah. Hal ini membantu orang tua melihat dan menentukan pilihan sekolah sesuai dengan kebutuhannya. Fokus penelitian ini adalah (1) aspek bauran pemasaran jasa pendidikan (2) strategi pemasaran sekolah dan (3) implikasi strategi pada animo calon peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk lebih mendalami strategi marketing mix jasa pendidikan di SMK Muda Malang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi Teknik pengecekan keabsahan data dilaksanakan dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari kegiatan reduksi data penyampaian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian disajikan sesuai urutan fokus adalah (1) Aspek-aspek bauran pemasaran jasa pendidikan meliputi (a) aspek bauran harga terdapat beberapa yang dapat ditonjolkan yaitu biaya pendidikan murah yang disesuaikan dengan sumber pembiayaan dan segmen pasar terdapat kebijakan potongan biaya beasiswa dan negosiasi (b) pada aspek bauran produk terdapat beberapa yang ditonjolkan yaitu terdapat 5 jurusan kurikulum yang digunakan link and match dengan IDUKA mendapatkan predikat Center of Excellence menggunakan prinsip BMW untuk mengarahkan siswanya lembaga kerja sama yang beragam terdapat berbagai macam produk SMK serta memiliki banyak ekstrakurikuler (c) pada aspek bauran lokasi terdapat beberapa yang dapat ditonjolkan meliputi lingkungan yang tenang pada komplek perumahan kemudahan akses transportasi dan identitas yang jelas di antara pesaing terdekatnya (d) pada aspek bauran promosi beberapa yang ditonjolkan meliputi promosi dengan media cetak dan media sosial word of mouth serta sosialisasi dengan sekolah mitra (e) pada aspek bauran orang beberapa yang ditonjolkan meliputi kualifikasi guru yang baik keharusan guru memiliki kompetensi pedagogik menguasai IT dapat membaca Al-Quran jujur sabar disiplin dan loyal terhadap siswa serta guru diberikan kesempatan peningkatan kompetensi dan motivasi yang berguna bagi pembelajaran (f) pada aspek bauran proses beberapa yang diunggulkan adalah jalur pendaftaran online dan offline syarat masuk yang mudah dan peserta yang mendaftar langsung diterima (g) pada aspek bauran bukti fisik beberapa yang ditonjolkan adalah gedung sekolah yang menarik sarana dan prasarana lengkap serta logo dan seragam sesuai dengan taste millennials (2) strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan membagi dua konsentrasi yaitu (a) tim kreatif dengan menggabungkan seluruh aspek bauran dalam suatu konten dan (b) tim pemasaran dengan memaksimalkan aspek promosi untuk menyebarluaskan isi konten ke masyarakat serta (3) implikasi yang muncul adalah berupa animo meliputi (a) berkaitan dengan aspek harga masyarakat menginginkan pendidikan murah (b) berkaitan dengan aspek produk masyarakat menginginkan jurusan yang paling terlihat keunggulannya (c) berkaitan dengan aspek lokasi masyarakat memilih lokasi dekat domisili dan kemudahan akses transportasi (d) berkaitan dengan aspek promosi masyarakat menginginkan informasi yang jelas (e) berkaitan dengan aspek orang masyarakat menginginkan guru yang loyal (f) berkaitan dengan aspek proses masyarakat menginginkan proses pendaftaran yang mudah serta (g) berkaitan aspek bukti fisik masyarakat menginginkan sekolah dengan tampilan menarik. Berdasarkan data terdapat peningkatan peserta didik pada empat tahun terakhir serta berkembangnya kerja sama industri. Saran yang diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian yaitu (1) ketua Yayasan SMK Muda Malang dapat memberikan bantuan materi untuk meningkatkan potensi sekolah karena positioning yang digunakan sudah baik (2) Kepala SMK Muda Malang dapat mengevaluasi setiap aspek bauran untuk dapat ditingkatkan dan memfasilitasi kebutuhan dari masyarakat sehingga animo terus berkembang (3) Waka Humas dapat meningkatkan kualitas jurusan BDP serta memperhatikan jurusan OTKP karena animo menurun(3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat menjadikan bauran pemasaran sebagai salah satu referensi tema penelitian maupun pembelajaran manajemen humas dan (4) peneliti lain dapat membuat penelitian yang lebih mengerucut pada masing-masing aspek bauran pemasaran jasa pendidikan sehingga dapat diketahui bagaimana pengelolaan pada masing-masing aspek secara lebih detail serta dampak yang muncul pada masing-masing aspek terhadap animo calon peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196990

Actions (login required)

View Item View Item