Strategi pemasaran melalui program welcome class (studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek) / Nella Yanuar Rizky - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemasaran melalui program welcome class (studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek) / Nella Yanuar Rizky

Rizky, Nella Yanuar (2021) Strategi pemasaran melalui program welcome class (studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek) / Nella Yanuar Rizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizky Nella Yanuar. 2021. Strategi Pemasaran Melalui Program Welcome Class (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata Kunci strategi pemasaran program welcome class minat orangtua Banyaknya lembaga pendidikan di masyarakat menjadi salah satu tantangan bagi suatu lembaga pendidikan dalam hal mendapatkan peserta didik. Salah satu sekolah swasta Islam di Trenggalek yang melaksanakan strategi pemasaran dengan perhitungan yang efektif yaitu SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan SD Muhammadiyah 1 Trenggalek yakni dengan memperkenalkan program unggulan sekolah yaitu welcome class. Fokus penelitian ini adalah (1) program welcome class di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek (2) perencanaan pemasaran melalui program welcome class di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek (3) implementasi strategi pemasaran melalui program welcome class di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek (4) faktor pendukung strategi pemasaran melalui program welcome class di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek (5) upaya memberdayakan faktor pendukung strategi program welcome class di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek (6) faktor penghambat strategi pemasaran melalui program welcome class di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek dan (7) solusi faktor penghambat strategi pemasaran melalui program welcome class di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara pengamatan dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lalu dalam pengecekan keabsahan data peneliti menerapkan triangulasi data pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) program welcome class ini merupakan program unggulan yang dimiliki oleh SD Muhammadiyah 1 Trenggalek (2) perencanaan pemasaran yang diterapkan sekolah ini meliputi membuat pamflet yang menarik melakukan penyebaran informasi secara word of mouth membuka PPDB lebih awal dari jadwal resmi bekerja sama dengan beberapa instansi rutin melakukan penyebaran informasi menyebarkan dokumentasi berupa foto atau video program welcome class dan melakukan evaluasi kegiatan (3) implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh sekolah dengan menyebarkan informasi melalui media sosial sekolah melakukan teknik word of mouth membuat desain brosur/pamflet yang menarik membuka PPDB di bulan Desember lebih dari pembukaan PPDB Dikbud di Bulan April membangun komunikasi harmonis melakukan sosialisasi secara langsung ke TK khususnya TK Aisiyah memamerkan hasil prestasi ke dalam sosial media sekolah dan melakukan perbaikan sarana dan prasarana sekolah. (4) faktor pendukung strategi pemasaran sekolah ialah komunikasi dan kemampuan mempengaruhi fasilitas sekolah yang memadai letak strategis sekolah dan pelayanan serta program yang ditawarkan sekolah. (5) upaya yang dilakukan sekolah dalam memberdayakan faktor pendukung yakni meningkatkan hubungan baik antara kepala sekolah dengan guru dan tenaga kependidikan sekolah serta seluruh pihak terkait dalam program welcome class dan konsisten dalam mengupdate informasi terbaru tentang sekolah (6) faktor yang menghambat berjalannya kegiatan sekolah ada 2 yakni berasal dari pihak eksternal dan pihak internal sekolah dan (7) solusi yang dipilih untuk mengatasi kendala dari pihak masyarakat yakni tetap memaksimalkan penggunaan media sosial tetap menyediakan brosur atau edaran tercetak. Sedangkan untuk mengatasi masalah dari dari pihak internal sekolah yaitu wali murid sebagai pemateri dengan memberi himbauan agar tidak membatalkan perjanjian secara mendadak dan pihak sekolah lebih tanggap dalam mencari pemateri baru. Solusi yang dipilih untuk mengatasi kendala guru yang belum maksimal menguasai teknologi dan media sosial yaitu kepala sekolah mengkoordinasi anggotanya untuk saling sharing pengetahuan terkait teknologi. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian dapat disarankan kepada (1) Ketua Yayasan Muhammadiyah Trenggalek dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan pemasaran jasa pendidikan dalam rangka menarik minat masyarakat menyekolahkan anak di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. (2) Kepala SD Muhammadiyah 1 Trenggalek dapat dijadikan acuan dalam bidang pemasaran jasa pendidikan Strategi yang dilakukan oleh sekolah harus terus dikembangkan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang terjadi di dalam sekolah maupun masyarakat (3) Guru mempertahankan hubungan baik antara sekolah dan wali murid/stakeholder sekolah serta tetap memberikan pelayanan yang baik dan mau berkembang seiring berkembangnya zaman dan teknologi (4) Orang tua peserta didik dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan para orang tua yang hendak menyekolahkan anak di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek maupun walimurid yang hendak meninjau lebih dalam mengenai kualitas sekolah (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat dijadikan salah satu bahan referensi mengenai pemasaran jasa pendidikan dan salah satu program unggulan sekolah dalam rangka menarik minat orangtua terhadap sekolah dan (6) Peneliti Lain dapat dijadikan sebagai salah satu daftar rujukan untuk peneliti lainnya agar melakukan kegiatan penelitian yang berhubungan dengan program unggulan sekolah untuk menarik minat orangtua menyekolahkan anak sebagai salah satu bentuk strategi pemasaran jasa pendidikan agar aspek-aspek yang belum tercantumkan dapat terungkap secara mendalam di penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196982

Actions (login required)

View Item View Item