Pengembangan aplikasi my supervision partner sebagai media cybersupervision dalam penanganan inkonsistensi pelaksanaan supervisi akademik di era pandemi covid 19 / Athalla Nauval Bhayangkara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi my supervision partner sebagai media cybersupervision dalam penanganan inkonsistensi pelaksanaan supervisi akademik di era pandemi covid 19 / Athalla Nauval Bhayangkara

Bhayangkara, Athalla Nauval Bhayangkara (2021) Pengembangan aplikasi my supervision partner sebagai media cybersupervision dalam penanganan inkonsistensi pelaksanaan supervisi akademik di era pandemi covid 19 / Athalla Nauval Bhayangkara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bhayangkara Athalla Nauval. 2021. Pengembangan Aplikasi My Supervision Partner Sebagai Media Cybersupervision Upaya Inovasi Penanganan Inkonsistensi Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Era Pandemi Covid 19. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si. (II) Drs. Burhanuddin M.Ed Ph.D. Kata Kunci cybersupervision Inkonsistensi supervisi akademik pengembangan Supervisi akademik dalam tataran proses pendidikan merupakan kegiatan konspetual yang dialokasikan dalam meningkatkan kapabilitas dan profesionalitas guru melalui stimulasi pembimbingan maupun pembinaan. Selayang pandang pelaksanaan proses pendidikan pada jangka dua tahun terakhir terjadi disefisiensi pelaksanaan karena adanya covid 19 pandemic. Hasilnya hal tersebut berdampak pada dinamika proses pendidikan termasuk supervisi akademik yang terganggu kegiatannya. Oleh karena status quo tersebut peneliti mengedepankan skripsi dengan model research and development guna menangani inkonsistensi pelaksanaan supervisi akademik di era covid 19. Tujuan utama adanya penelitian ini adalah pengembangan aplikasi my supervision partner dalam mengatasi inkonsistensi pelaksanaan supervisi akademik di lokasi penelitian pada era covid 19 serta tujuan ekstensialnya adalah (1) memberikan insight pada seorang supervisor dalam tataran supervisi akademik (2) memberikan insight belajar dan pembelajaran bagi guru serta (3) menyelaraskan dan membenahi theoretical gap pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development atau penelitian pengembangan yaitu penelitian yang menghasilkan sebuah produk dengan keberterimaan fungsi melalui langkah yang ilmiah. Rancangan atau jenis penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE yaitu langkah penelitian pengembangan melalui (1) analisis yang berisi studi dokumentasi wawancara dan juga literature study (2) design yang berisi penyusunan prototype penyusunan fitur pembuatan flowchart dan pembuatan rancang aplikasi hingga siap di uji coba pada tahapan development. Ketiga adalah (3) development yang berisi tentang pengujian aplikasi melalui ahli materi dan ahli media dengan kualifikasi yang telah ditentukan serta melaksanakan rounded check quality dimana masukan dan saran langsung ditindaklanjuti dalam revisi aplikasi sebelum diimplementasikan pada calon pengguna (4) implementation yakni tahapan pengujian calon pengguna dan (5) evaluation yaitu tahapan akhir berupa revisi produk final berdasarkan saran dari calon pengguna. Lokasi penelitian ini bertempatkan di SD Negeri 04 Wonokerto Kabupaten Malang Kecamatan Bantur. Merupakan sekolah dasar yang terletak di desa namun memiliki environmental input optimal dalam melaksanakan berbagai proses pendidikan karena didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Sekolah tersebut dinilai dari segi instrumental input juga cukup baik meninjau berbagai penghargaan untuk guru dan siswa yang kerap diperoleh. Data yang dihasilkan dari penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari angket keberterimaan produk dan data deskriptif kualitatif yang diperoleh dari bagan saran serta kritik aplikasi. Data kuantitatif yang diperoleh peneliti tersebut dipetakan menjadi empat macam yakni data kuantitatif dari (1) ahli materi (2) ahli media (3) calon pengguna supervisor dan (4) calon pengguna guru. Data dari ahli materi ahli media dan calon pengguna supervisor dianalisis menggunakan inter rater agreement model. Data kuantitatif dari calon pengguna guru dianalisis menggunakan skala. Penilaian instrument angket dilandaskan pada aspek keberterimaan dengan descriptor (1) kegunaan (2) kemudahan (3) ketepatan (4) kemenarikan. Dari seluruh analisis data kuantitatif yang ada telah dapat diproyeksikan jika aplikasi yang diciptakan oleh peneliti merupakan aplikasi yang sangat berguna sangat mudah digunakan sangat tepat dan sangat menarik. Dari data deskriptif yang ada hanya dihasilkan revisi minor dalam (1) flowchart aplikasi (2) penambahan artikel JAMP dan JMSP pada supervision article (3) perbaikan buku panduan agar tidak terlihat kaku dan formal serta (4) penambahan contoh instrument supervisi akademik. Adapun data kualitatif dari tahapan analisis ditindaklanjuti dengan analisis tahapan data collection data condensation data display and conclusion. Keabsahan data tersebut juga dianalisis menggunakan kriteria kredibilitas dengan triangulasi sumber data. Simpulan penelitian ini meliputi hasil analisis menunjukkan bahwa (1) profil kegiatan supervisi akademik di sekolah mengarah pada snoopsupervision dan terhenti selama masa pandemi secara total (2) theoretical gap supervisi akademik cukup tinggi sehingga pendekatan pandangan dan teknik yang digunakan tidak sesuai serta mengarah pada proses supervisi yang mencari-cari kesalahan guru sebelum era pandemi dan tidak ada tindak lanjut dari pengawasan di kelas (3) kebutuhan inovasi supervisi akademik lebih diarahkan pada mobile app daripada website serta pemberian fitur yang menambah wawasan supervisor dan guru untuk efisiensi belajar pembelajaran. (4) inkonsistensi supervisi akademik dapat digeneralisasikan jika hal tersebut lebih mengarah pada berhentinya seluruh kegiatan supervisi akademik selama hampir 2 tahun lamanya. Secara umum aplikasi telah memenuhi syarat baik dari ahli materi ahli media serta calon pengguna. Pemenuhan berbagai syarat yang dimaksud dinilai dari aspek kegunaan kemudahan ketepatan dan kemenarikan digeneralisaisi dari hasil analisis sangat bernilai tinggi. Data deskriptif yang ada juga telah menunjukkan jika aplikasi sangat minim terhadap berbagai revisi yang sifatnya major. Berlandaskan Simpulan pada penelitian ini disarankan bagi (1) Dinas Pendidikan Kabupaten Malang untuk bisa berkolaborasi dengan peneliti untuk memperluas scope praktik supervisi akademik menggunakan my supervision partner sehingga impact yang diberikan menjadi lebih luas (2) Kepala sekolah dan pengawas Korwil Bantur agar menginternalisasikan my supervision partner dalam perencanaan program supervisi akademik di semester terdekat (3) guru-guru seyogyanya dapat menyerap segala fitur ekstenional yang dikhususkan untuk guru untuk peningkatan wawasan dalam belajar dan pembelajaran (4) pihak sekolah seyogyanya adanya aplikasi my supervision partner ini dapat digunakan Lembaga dalam melaksanakan supervisi akademik secara mandiri yang tentunya dipimpin oleh kepala sekolah dan (5) bagi peneliti lain agar mampu memberikan saran dan kritik terhadap aplikasi melalui langkah ilmiahnya sehingga dapat dihasilkan my supervision partner sebagai media cybersupervision yang lebih kompleks secara kualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196978

Actions (login required)

View Item View Item