Larasati, Quma Irah (2021) Pengelolaan inovasi layanan perpustakaan di SD Plus Al Kautsar Malang / Quma Irah Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Layanan perpustakaan sekolah merupakan layanan yang wajib ada di dalam sebuah sekolah karena sebagai pusat sumber belajar yang membutuhkan pengelolaan secara profesional. Dalam perpustakaan terdapat 2 jenis layanan yaitu layanan teknis dan layanan pembaca. Penelitian ini memfokuskan pada layanan pembaca yang ada di SD Plus Al-Kautsar yaitu Layanan sirkulasi layanan referensi dan layanan pembinaan minat baca. Latar belakang sekolah dalam pembuatan inovasi perpustakaan karena kecilnya ruangan yang tidak sesuai standar ukuran perpustakaan. Dari hal tersebut berdampak pada rendahnya minat baca peserta didik sehingga perpustakaan mengalami kemunduran karena kurangnya minat peserta didik untuk berkunjung ke perpustakaan. Dengan demikian kepala sekolah membuat konsep perpustakaan yang menyatu dengan lingkungan atau mendekatkan buku pada peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan inovasi layanan perpustakaan yang meliputi perencanaan pengorganisasian pelaksanaan pengawasan serta kendala dan solusi dari pengelolaan inovasi layanan yang ada di perpustakaan SD Plus Al-Kautsar Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah kabag PSB mantan kabag PSB penanggujawab perpustakaan guru kelas I sampai kelas VI dan ketua dewan anak. Prosedur pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga teknik yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data mereduksi data men-display data dan pemaparan serta penegasan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber pengecekan anggota dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan Inovasi Layanan perpustakaan di SD Plus Al-Kautsar sudah cukup baik dengan hasil sebagai berikut 1) perencanaan inovasi layanan di laksanakan dengan cara menganalisis kebutuhan berdasarkan latar belakang perpustakaan merumuskan tujuan yaitu untuk meningkatkan minat baca peserta didik merumuskan progam inovasi dan perencanaan perpustakaan sudah mengalami inovasi dilihat dari beberapa aspek 2) pengorganisasian inovasi layanan dilaksanakan dengan melibatkan beberapa personil sesuai dengan struktur organisasi yaitu kepala sekolah kabag PSB penanggung jawab perpustakaan dan guru kelas 1 sampai 6 pengorganisasian juga sudah mengalami inovasi dilihat berdasarkan beberapa aspek 3) pelaksanaan inovasi layanan referensi yaitu menyediakan bahan bacaan maupun referensi untuk siswa dan guru. Perpustakaan memiliki jumlah dan jenis koleksi yang memadahi untuk 496 siswa pelayanan referensi juga sudah mengalami inovasi berdasarkan beberapa aspek 4) pelaksanaan inovasi layanan sirkulasi dilaksanakan sesuai peraturan perpustakaan dengan memberlakukan syarat peminjaman pelayanan sirkulasi memnggunakan sistem terbukan dan sudah menggunakan teknologi informasi pelayanan sirkulasi juga sudah mengalami inovasi berdasarkan beberap aspek 5) pelaksanaan pembinaan minat baca ditunjang dengan area baca indoor dan outdoor berdasarkan hasil perencanaan perpustakaan membuat beberapa program inovasi untuk mengembangkan minat baca peserta didik yaitu lapak literasi pohon baca lesehan baca pojok baca mendongeng jembatan literasi e-book riview buku. Serta mengintegrasikan perpustakaan dengan kurikulum 6) pengawasan dilakuakan dengan cara langsung dan tidak langsung personil yang terlibat yaitu kepala sekolah kepala bagian pusat sumber belajar penanggung jawab perpustakaan dan guru kelas. Pengawasan sudah mengalami inovasi berdasarkan beberapa aspek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196976 |
Actions (login required)
View Item |