Muhdor, Ahmad Muhdor (2021) Hubungan antara kepemimpinan pembelajaran dan etos kerja guru sma negeri di kota malang / Ahmad Muhdor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Muhdor Ahmad. 2021. Hubungan antara Kepemimpinan Pembelajaran dan Etos Kerja Guru SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Ahmad Nurabadi S.Pd M.Pd. Kata Kunci kepemimpinan pembelajaran etos kerja guru. Kepemimpinan pembelajaran sangat penting untuk di terapkan di sekolah. Hal ini dikarenakan untuk menciptakan sistem pembejaran yang bermutu dan berkualitas dibutuhkan pemimpin yang profesional dan berorientasi pada proses pembelajaran siswa. Kepemimpinan pembelajaran Kepala Sekolah berkontribusi sangat signifikan yakni menetapkan misi sekolah mengelola program pembelajaran membangun iklim pembelajaran yang baik dan memimpin para guru agar mengajar lebih baik. Tingkat etos Kerja Guru SMA Negeri di kota Malang berbeda-beda hal ini tentu berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan prestasi siswa. Variabel yang yang diduga memiliki hubungan dan berpengaruh terhadap etos kerja guru yakni kepemimpinan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan (1) tingkat kepemimpinan pembelajaran yang diterapkan oleh Kepala SMA di Kota Malang (2) tingkat etos kerja guru SMA Negeri di Kota Malang (3) hubungan antara kepemimpinan pembelajaran dan etos kerja guru SMA Negeri di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan prediktif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup. Populasi yang dipilih adalah guru SMA Negeri Kota Malang. Dari 594 guru dipilih 154 guru di 4 SMA Ngeri di Kota Malang sebagai sampling. Menggunakan teknik Propotional Random Sampel. analisi data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulain sebagai berikut (1) tingkat kepemimpinan pembelajaran Kepala Sekolah di SMA Negeri Kota Malang sudah cukup baik pada penetapan visi dan misi sekolah pengelolaan program pembelajaran membangun iklim pembelajaran dan memimpin para guru (2) berdasarkan persepsi guru yang menjadi responden tingkat etos kerja guru SMA Negeri Kota Malang sudah cukup baik (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan pembelajaran dan etos kerja guru SMA Negeri di Kota Malang. Saran dari peneliti ini ditunjukan pada (1) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dapat menjadikan hasil penelitian sebagai bahan sebagai pertimbangan dalam meninjau kembali program pengembangan profesionalisme guru yang sudah dilaksanakan (2) Kapala SMA Negeri di Kota Malang dapat menjadikan hasil penelitian sebagai bahan sebagai pertimbangan dalam meninjau kembali pengadaan evaluasi kinerja guru guna mendukung peningkatan etos kerja guru (3) Guru SMA di Kota Malang hendaknya dapat meningkatkan kinerja seperti menyiapkan materi pelajaran mengajar sesuai targer selabus melaksanakan tes/ulangan akhir dan pengayaan guna mendukung pengikatan etos kerja guru (4) Kepada Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat memberikan gambaran bahwa dengan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dapat meningkatkan etos kerja guru (5) Kepada Peneliti Lain hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara menemukan apa saja permasalahan yang dialami dalam pelaksanaan kepemimpinan pembelajaran serta dapat mencari solusi permasalahan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196975 |
Actions (login required)
View Item |