Penataan dan pemanfaatan sarana prasarana pembelajaran pendidikan formal dan nonformal di pondok pesantren An-Nur II Malang / Ayu Anindya Rasyad - Repositori Universitas Negeri Malang

Penataan dan pemanfaatan sarana prasarana pembelajaran pendidikan formal dan nonformal di pondok pesantren An-Nur II Malang / Ayu Anindya Rasyad

Rasyad, Ayu Anindya (2021) Penataan dan pemanfaatan sarana prasarana pembelajaran pendidikan formal dan nonformal di pondok pesantren An-Nur II Malang / Ayu Anindya Rasyad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sarana prasarana merupakan suatu komponen penting yang termasuk dalam delapan Standar Nasional Pendidikan. Setiap lembaga pendidikan formal maupun nonformal wajib mempunyai sarana prasarana untuk menunjang kualitas pendidikan sehingga setiap lembaga pendidikan berupaya untuk meningkatkan pengelolaan sarana prasarana. Penataan dan pemanfaatan sarana prasarana sangat penting dilakukan guna menambah minat peserta didik dalam belajar. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) macam-macam sarana prasarana di Pondok Pesantren An-Nur II Malang (2) penataan sarana prasarana di Pondok Pesantren An-Nur II Malang (a) prinsip-prinsip penataan sarana prasarana (b) jenis-jenis penataan sarana prasarana pendidikan (c) faktor pendukung dan penghambat dalam penataan sarana prasarana (d) solusi dalam mengatasi faktor penghambat dalam penataan sarana prasarana. (3) pemanfaatan sarana prasarana di Pondok Pesantren An-Nur II Malang (a) pemanfaatan alat pelajaran (b) pemanfaatan alat peraga (c) pemanfaatan media pembelajaran (d) faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan sarana prasarana (e) solusi dalam mengatasi faktor penghambat dalam pemanfaatan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif guna menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam sehingga data yang diperoleh terperinci kredibel dan dapat mengungkap makna-makna mengenai penataan dan pemanfaatan sarana prasarana yang ada di Pondok Pesantren An-Nur II Malang baik pada pendidikan formal dan nonformal. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan tujuan agar dapat memperoleh fakta-fakta dan pemahaman secara rinci dari penataan dan pemanfaatan sarana prasarana. Metode pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yakni meliputi informan kunci yakni Kyai Fathul Bahri yang merupakan Kepala Pondok Pesantren An-Nur II Malang dan informan-informan pendukung yakni terdiri dari Bapak Nur Hadi selaku kepala sarana prasarana SD An-Nur II Malang Bapak Indra Arfiansyah S.Pd selaku kepala sarana prasarana SMP An-Nur II Malang Bapak Hariyanto selaku kepala sarana prasarana SMA An-Nur II Malang. Ustadz Zanwar Ahmad Fatoni selaku kepala sarana prasarana pondok Lukman Hakim selaku santri. Pengumpulan data dalam penelitian dimulai dari pengumpulan data reduksi data penyajian data verifikasi data. Tahapan pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi triangulasi ketekunan peneliti dan kecukupan referensial. Kesimpulan penelitian ini yakni meliputi (1) Jenis-jenis sarana prasarana yang terdapat di pondok pesantren dibagi dalam 5 Macam-macam yakni ruang kelas ruang kantor ruang perpustakaan lapangan atau halaman dan ruang penunjang lainnya yang masing-masing ruangan memiliki sarana yang mendukung dan memadai. (2) penataan sarana prasarana (a) Prinsip-prinsip penataan sarana prasarana. Pengaturan dalam penataan hubungan antar ruang di sekolah maupun pondok pesantren dilakukan dengan menyesuaikan fungsi dari ruangan-ruangan tersebut sehingga penataan ruangan-ruangan tersebut memiliki hubungan yang tepat sehingga memudahkan alur dalam aktivitas disekolah maupun pondok pesantren. Kerangka ruang dalam menata sarana prasarana sangat penting sehingga perlu diperhatikan. Keadaan luas tanah yang terdapat di Pondok Pesantren An-Nur II yakni sangat luas. Luas tanah yang ada disesuaikan dengan ruangan beserta fungsinya. Lokasi pondok pesantren An-Nur II yakni berada di tengah-tengah masyarakat. Gedung pondok pesantren terletak pada tepi jalan raya sehingga akses bagi seluruh masyarakat mudah. (b) Jenis-jenis penataan sarana prasarana. Penataan barang bergerak yang terdapat di pondok pesantren dilakukan dengan menyesuaikan masing-masing ruangan. Penataan barang bergerak habis pakai yang terdapat di pondok pesantren An-Nur II baik pada pendidikan formal dan nonformal dilakukan dengan cara membagi rata pada setiap ruangan dan menata sesuai dengan fungsi dari barang tersebut. Barang tidak habis pakai yang terdapat di pondok pesantren maupun sekolah yakni kamera komputer dan lain-lain. (c) Faktor pendukung dalam penataan sarana prasarana yakni adanya program pesantren wisata dana. Faktor penghambat yakni kurangnya kesadaran santri dalam peduli terhadap fasilitas yang telah disediakan oleh pondok pesantren dan meningkatnya jumlah santri pada setiap tahunnya. (d) Solusinya yakni dengan cara meningkatkan kesadaran santri untuk lebih peduli terhadap fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan oleh pondok pesantren Kemudian untuk mengatasi permasalahan meningkatnya jumlah santri pada tiap tahunnya yakni pihak sekolah hanya bisa memberikan laporan dan usulan saja terhadap pihak pondok pesantren. (3) pemanfaatan sarana prasarana (a) pemanfaatan alat pelajaran yang terdapat di pondok pesantren baik pada pendidikan formal dan nonformal menjadi satu (b) alat peraga yang terdapat di sekolah dan pondok pesantren dimanfaatkan dengan maksimal (c) media pembelajaran yang sudah tersedia dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Khususnya di sekolah SD SMP dan SMA. (d) faktor pendukung dalam pemanfaatan sarana prasarana yakni adanya surat izin peminjaman segala bentuk pemanfaatan sarana prasarana kenyamanan santri dalam memanfaatkan fasilitas Faktor penghambat dari pemanfaatan sarana prasarana pada pendidikan formal dan nonformal yakni jumlah santri yang semakin meningkat pada tiap tahunnya. (e) solusi guna meminimalisir kendala bertambahnya jumlah santri pada tiap tahun yakni dengan bermusyawarah dengan pihak pondok pesantren dalam menetapkan kuota pendaftaran santri baru karena penerimaan santri baru dikelola sendiri oleh pihak pondok pesantren bukan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196971

Actions (login required)

View Item View Item