Persepsi guru dan orang tua terhadap sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru pada SMA Negeri di Kota Kediri / Kholifatul Khoiria - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru dan orang tua terhadap sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru pada SMA Negeri di Kota Kediri / Kholifatul Khoiria

Khoiria, Kholifatul (2021) Persepsi guru dan orang tua terhadap sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru pada SMA Negeri di Kota Kediri / Kholifatul Khoiria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khoiria Kholifatul. 2021. Persepsi Guru dan Orang Tua Terhadap Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di SMA Negeri Kota Kediri. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Bambang Sumarsono S.Pd. M.Pd. (II) Wildan Zulkarnain S.Pd. M.Pd. Kata Kunci sistem zonasi PPDB persepsi guru persepsi orang tua Penerimaan Peserta Didik Baru atau yang biasa disebut PPDB pada tahun 2017 telah menggunakan sistem zonasi. Sistem zonasi adalah penerimaan calon siswa baru yang diseleksi berdasarkan pada jarak radius terdekat sekolah dengan tempat tinggal. Sistem PPDB memiliki empat jalur masuk diantaranya adalah jalur zonasi afirmasi perpindahan tugas orang tua dan prestasi. Tujuan utama dari diterapkannya kebijakan sistem zonasi dalam PPDB yaitu untuk pemerataan mutu pendidikan dengan harapan akses layanan pendidikan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Untuk itu diperlukan adanya suatu seleksi calon siswa dimana harus berdasarkan pada asas objektif akuntabel transparan berkeadilan dan tanpa diskriminasi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui persepsi guru terhadap sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri Kota Kediri (2) untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri Kota Kediri (3) untuk mengetahui perbedaan persepsi guru dan orang tua terhadap sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik analisis yaitu (1) teknik analisis deskriptif (2) uji hipotesis dan (3) uji independent t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan orang tua siswa di SMA Negeri Kota Kediri dengan populasi sebesar 405 guru dan 1415 orang tua siswa. Sementara itu sampel dalam penelitian ini sejumlah 201 guru dan 312 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi guru di SMA Negeri Kota Kediri termasuk dalam kategori baik dengan jumlah persentase sebesar 52 24% (2) persepsi orang tua di SMA Negeri Kota Kediri termasuk dalam kategori baik dengan jumlah persentase sebesar 54 17% (3) terdapat perbedaan persepsi antara guru dan orang tua terhadap sistem zonasi di SMA Negeri Kota Kediri dengan perhitungan independent t-test didapat sebesar 50 947 dengan nilai signifikansi 0 000. Saran yang bisa diberikan peneliti yaitu (1) bagi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kediri perlu adanya sosialisasi secara masif terhadap masyarakat melalui canel-canel media terkait penerimaan siswa baru jalur zonasi (2) bagi Kepala Jurusan Administrasi Pendidikan untuk memberikan saran kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi terkait pelaksanaan kebijakan PPDB sistem zonasi agar PPDB sistem zonasi dapat terlaksana secara maksimal (3) bagi Kepala Sekolah di SMA Negeri Kota Kediri untuk selalu melakukan perbaikan terhadap pemberian layanan pendidikan kepada masyarakat (4) bagi orang tua siswa perlu adanya pencarian informasi secara mendalam mengenai mekanisme pendaftaran calon siswa baru jalur sistem zonasi untuk menghindarkan ketidakpahaman terkait pelaksanaan PPDB sistem zonasi (5) bagi peneliti lain dapat mengembangkan atau menyempurnakan dari penelitian ini baik menggunakan metode yang berbeda menambahkan variabel lainnya atau dapat menggunakan lokasi dan jenjang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196968

Actions (login required)

View Item View Item