Fadilah, Chani Putri (2021) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan TAS (studi kasus di SD Muhammadiyah 9 Malang). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guna menciptakan kompetensi kinerja yang baik diperlukan seorang pemimpin yang berkualitas. Dalam hal ini diperlukannya strategi kepemimpinan kepala sekolah guna meningkatkan kinerja. Adanya bentuk kepemimpinan kepala sekolah yang baik menjadikan SD Muhammadiyah 9 Malang merupakan sekolah rujukan dalam lingkup muhammadiyah. Apabila seorang pimpinan dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik maka personil lain pun pasti akan mencontoh dari apa yang dilakukan pimpinan. Adanya kualitas sekolah yang semakin meningkat dapat menimbulkan kepercayaan dari masyarakat sehingga dibuktikan dari segi jumlah peserta didik disetiap tahunnya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga administrasi sekolah (2) Implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga administrasi sekolah (3) Evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga administrasi sekolah (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga administrasi sekolah (5) Solusi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga administrasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus di SD Muhammadiyah 9 Malang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini meliputi (1) Mendeskripsikan perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan TAS yang mana memiliki langkah strategis dalam pelaksanaannya (2) Mendeskripsikan implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan TAS yaitu dengan mengadakan kegiatan upgrading guru kegiatan kelompok guru mengikutsertakan guru dalam kegiatan seminar atau pelatihan mengadakan kegiatan indahnya mengaji bersama melakukan pembinaan disiplin seperti melakukan pengecekan terhadap presensi guru kemudian pada pemeriksaan atau supervisi secara berkala pada saat mengajar mengadakan penerimaan rapor kinerja pemberiaan penghargaan dan sanksi serta upgrade surat komitmen kerja terhadap semua guru yang masih belum tetap. Sama halnya dengan guru maka bentuk-bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi kinerja TAS antara lain pelatihan untuk tenaga administrasi sekolah kegiatan indahnya mengaji bersama pembinaan disiplin penghargaan dan sanksi serta upgrade surat komitmen kerja terhadap semua guru yang masih belum tetap (3) Mendeskripsikan evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan TAS yaitu dengan mengadakan pertemuan disetiap sepulang sekolah dengan durasi relatif tidak lama yang mana apabila terdapat hambatan maka dapat disampaikan dan diselesaikan bersama kemudian dengan adanya supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah secara berkala serta mengadakan penerimaan rapor kinerja baik untuk guru dan tenaga kependidikan agar senantiasa mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerjanya dalam membimbing peserta didik dan melaksanakan pelayanan prima sehingga dapat tercipta sekolah yang berkualitas (4) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kinerja guru dan TAS diantaranya kepemimpinan kepala sekolah yang profesional adanya kesejahteraan seperti penghargaan rekan kerja yang saling kooperatif adanya motivasi dari seluruh komponen sekolah untuk terus meningkatkan kinerja serta peningkatan prestasi baik dari guru ataupun peserta didik sehingga dapat meningkatkan kualitas daripada sekolah tersebut. Sedangkan faktor penghambat diuraikan menjadi rendahnya kualitas dari beberapa pendidik maupun kependidikan keterbatasan dana sehingga apabila ingin membuat program yang lebih banyak harus menyesuaikan dengan dana yang ada adanya rasa sungkan terhadap guru yang lebih senior sehingga dalam meningkatkan kinerja menjadi kurang optimal saat pembelajaran berlangsung masih sering dijumpai tenaga pendidik yang belum mengaplikasikan penggunaan teknologi dengan baik serta terdapat pembicaraan yang tidak sesuai seperti menggunjing sehingga hal-hal yang demikian dapat mengganggu kinerja (5) Mendeskripsikan solusi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan TAS diantaranya membangun suasana kekeluargaan dan membangun komunikasi yang baik. Permasalahan keterbatasan dalam mengaplikasikan teknologi yang dialami dari segi tenaga pendidik maka diterapkannya sebuah solusi yaitu dengan memperkaya referensi ilmu pengetahuan serta ikut dalam kegiatan pelatihan-pelatihan yang ada. Keterlibatan dalam penetapan solusi dilihat dari segi masalahnya apabila masih dapat teratasi sendiri maka seyogyanya dapat melaksanakan sendiri dengan bantuan rekan sejawat sehingga tidak perlu dilibatkan kepala sekolah seperti apabila hambatan secara teknis kiranya masih bisa teratasi sendiri. Apabila guru memiliki kualitas pembelajaran yang baik maka berpengaruh besar terhadap pelayanan pembelajaran terhadap siswa dan mutu pendidikan juga akan meningkat. Adanya kepercayaan dari masyarakat merupakan timbal balik dari kinerja yang telah dilaksanakan serta dapat dibuktikan dengan peningkatan jumlah peserta didik disetiap tahunnya. Berdasarkan dari kesimpulan penelitian yang telah dilakukan di SD Muhammadiyah 9 Malang disarankan kepada 1) Kepala Sekolah agar senantiasa melaksanakan kegiatan evaluasi secara rutin dan meningkatkan kegiatan guna meningkatkan kinerja dengan mempertimbangkan dari hasil penelitian skripsi ini sehingga dapat meningkatkan kualitas baik dari tenaga pendidik atau kependidikan 2) Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah seyogyanya dapat senantiasa memberikan pelayanan prima baik terhadap peserta didik dan wali murid sehingga dapat menciptakan sekolah yang lebih berkualitas 3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan untuk dapat menambah referensi dan rujukan terkait penelitian ini serta dapat digunakan sebagai rujukan oleh ketua jurusan dan mahasiswa lain dalam mengerjakan tugas perkuliahan yang berhubungan dengan pengembangan manajemen sumber daya manusia dan kepemimpinan 4) Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan kegiatan penelitian ini dengan melakukan penelitian lebih lanjut terkait strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kinerja guru dan TAS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:41 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |