Dewantoro, Dwi Sakti Dewantoro (2021) Penguatan life skill peserta didik melalui program pendidikan 4 tahun (studi kasus di sekolah menengah kejuruan negeri 7 malang) / Dwi Sakti Dewantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program pendidikan SMK yang masa belajarnya 4 tahun berguna untuk mempersiapkan dengan matang life skill peserta didik yang akan langsung bekerja di sebuah dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dengan lama prakerin 6-10 bulan. SMK Negeri 7 Malang adalah salah satu sekolah yang melaksanakan program pendidikan SMK 4 tahun yaitu melalui Jurusan Kimia Analisis. Hal ini bertujuan untuk mendorong para siswa dapat lebih berkompetensi program pendidikan SMK 4 tahun merupakan solusi untuk menjadikan peserta didik lebih siap di dunia kerja. Mengingat bahwa semakin pesatnya perkembangan dunia industri yang ditandai dengan istilah Revolusi Industri 4.0. Selain itu siswa juga mempunyai kecukupan umur untuk lebih matang dalam berkontribusi di dunia kerja karena siswa sudah berumur 18 tahun. Selain itu siswa dinilai sudah memiliki kematangan dalam pola pikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang (2) mendeskripsikan ragam life skill yang dikembangkan melalui program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang (3) mendeskripsikan strategi menumbuhkembangkan life skill melalui program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang (4) mendeskripsikan faktor pendukung dalam penguatan life skill peserta didik program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang (5) mendeskripsikan upaya pengoptimalan faktor pendukung dalam penguatan life skill melalui program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang (6) mendeskripsikan faktor penghambat dalam penguatan life skill peserta didik melalui program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang (7) mendeskripsikan upaya mengatasi faktor penghambat dalam penguatan life skill peserta didik melalui program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang di ambil yaitu sumber data primer dan sekunder. Informan keseluruhan dari penelitian ini meliputi Waka Kurikulum Kepala Program Kimia Analisis Guru Produktif dan Instruktur Laboratorium. Informan kunci dari penelitian ini adalah Kaprog Kimia Analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi kecukupan bahan referensi dan pengecekan anggota. Data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian yang dilaksanakan melalui tahap persiapan tahap pendahuluan tahap penyusunan proposal tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut (1) implementasi program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang berjalan lancar sesuai dengan penerapan kurikulum yang tertera. Pembelajaran dan magang SMK 4 tahun lebih banyak dan relatif lebih mendalam daripada SMK 3 tahun SMKN 7 Malang dalam melaksanakan program pendidikan 4 tahun yaitu direkomendasikan oleh pemerintah serta mengikuti kurikulum Program Studi Kimia Analisis pusat (2) ragam life skill yang diperoleh melalui program pendidikan 4 tahun di bidang hard skill adalah pemahaman dan kesiapan dalam teori pemahaman dan kecakapan dalam praktik serta akan berkembang setiap tahunnya. Sedangkan keragaman life skill yang dikembangkan di bidang soft skill yaitu pengembangan bahasa asing industrial dan kewirausahaan yang sesuai dengan bidang kimia ana (3) strategi dalam menumbuhkembangkan life skill peserta didik melalui program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang di dalam sekolah atau internal yaitu dengan mendatangkan guru yang berpengalaman dalam bidang kimia guru gelar S2 diutamakan melakukan supervisi mendatangkan instruktur dalam praktikum di laboratorium dan upgrade fasilitas mengikuti standar kurikulum SMK 4 tahun. Sedangkan di bagian eksternal adalah mencari tempat magang yang bagus bagi peserta didik kontrol sekolah dalam kegiatan magang di perusahaan dan meminta bantuan pemerintah dalam mencari relasi tempat magang (4) faktor pendukung dalam meningkatkan life skill peserta didik melalui program 4 tahun di bagian sarana dan prasarana yaitu alat praktikum di SMKN 7 Malang sudah memadai beberapa alat yang ada di DUDI sudah dimiliki sekolah dan sekolah akan terus mengembangkannya. Sedangkan di bagian tenaga pendidik yaitu sudah mempunyai pengajar yang berpengalaman dan bergelar S2 serta tenaga pendidik selalu upgrade kualitas selain itu untuk menunjang pengembangan fasilitas dan pendidik juga didukung oleh pemerintah dan pihak DUDI (5) upaya dalam meningkatkan faktor pendukung adalah dalam bagian tenaga pendidik adalah pendidik diupayakan untuk ikut magang di DUDI dan pendidik mengikuti diklat guna peningkatan sesuai kurikulum. Sedangkan di bagian sarana dan prasaran atau fasilitas yaitu penambahan alat praktikum laboratorium menselaraskan alat praktikum dengan yang digunakan di DUDI dan sekolah membuatkan pembangunan edung khusus Kimia Analisis (6) faktor penghambat dalam program 4 tahun di bagian pembelajaran di sekolah yaitu masih ada beberapa alat praktikum yang kurang memadai dan pembatasan pembelajaran dikarenakan ada pandemi Covid 19. Sedangkan di bagian luar atau saat magang adanya pembatasan waktu dan jumlah peserta didik yang magang dikarenakan adanya pandemic Covid 19 (7) upaya untuk mengatasi faktor penghambat di bagian pembelajaran di sekolah adalah bekerja sama dengan pihak luar yaitu Politeknik Negeri Malang untuk pemenuhan alat praktikum dan pembelajaran praktik laboratorium tetap dilakukan di sekolah dengan pembatasan kegiatan. Sedangkan bagian kegiatan luar atau magang sekolah melakukan banyak kerjasama agar bias berpindah-pindah tempat dengan jangka waktu 3 bulan sekali selama 3 kali. Bagi Kepala SMKN 7 Malang sebaiknya temuan ini dapat digunakan untuk menambah referensi sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan SMK dan program pendidikan 4 tahun di SMKN 7 Malang. Adapun saran dari peneliti bagi pihak tertentu sebegai berikut (1) bagi Waka Kurikulum SMKN 7 Malang sebaiknya temuan ini dapat digunakan untuk menambah refrensi dalam penerapan kurikulum SMK 4 tahun di SMKN 7 Malang (2) bagi Ketua Program Studi Kimia Analisis SMKN 7 Malang sebaiknya temuan ini dapat digunakan untuk refrensi sebagai bahan untuk pengembangan kurikulum SMK 4 tahun terutama jurusan Kimia Analisis SMKN 7 Malang (3) bagi Guru Prodi Kimia Analisis SMKN 7 Malang Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan penerapan pembelajaran pada kurikulum SMK 4 tahun di SMKN 7 Malang (4) bagi pihak DUDI sebaiknya temuan ini dapat digunakan sebagai refrensi untuk mempertimbangkan perekrutan tenaga kerja lulusan SMK sederajat (5) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk karya ilmiah (6) bagi peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai kajian peneliti lain dalam melakukan penelitian yang sejenis dan sebaiknya menambah waktu dalam pengamatan agar data yang diperoleh semakin banyak dan juga lebih banyak temuan yang diperoleh serta peneliti lain mampu mengembangkan penelitian ini dan mampu menyusun penelitian yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |