Pengembangan aplikasi my supervision partner sebagai media cybersupervision dalam penanganan inkonsistensi pelaksanaan supervisi akademik di era pandemi covid 19 / Athalla Nauval Bhayangkara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi my supervision partner sebagai media cybersupervision dalam penanganan inkonsistensi pelaksanaan supervisi akademik di era pandemi covid 19 / Athalla Nauval Bhayangkara

Bhayangkara, Athalla Nauval Bhayangkara (2021) Pengembangan aplikasi my supervision partner sebagai media cybersupervision dalam penanganan inkonsistensi pelaksanaan supervisi akademik di era pandemi covid 19 / Athalla Nauval Bhayangkara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasanah U. N. 2021. Pengembangan LKPD Online Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Studi S2 Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Susiswo M.Si (2) Dr. Abd. Qohar M T Kata kunci LKPD Online Penemuan Terbimbing Kemandirian Belajar Matematika. Pelaksanaan pembelajaran daring ataupun blended learning sebagai dampak covid-19 mengakibatkan berkurangnya waktu pembelajaran sinkronous. Untuk mengatasi hal ini seharusnya peserta didik mengganti berkurangnya waktu tersebut dengan belajar mandiri. Namun hal ini belum bisa terlaksana dengan baik dikarenakan sumber belajar yang sudah ada belum mendukung belajar mandiri dan daya dukung belajar daring peserta didik juga rendah. LKPD yang sudah ada merupakan LKPD dari salah satu penerbit yang penyajiannya belum menyesuaikan situasi pembelajaran darurat covid. Sebagaimana LKPD pada umumnya diawali dengan penyajian konsep kemudian contoh soal dan cara penyelesaiannya dan diakhiri dengan latihan soal. Sajian materi tidak melalui proses berpikir atau konstruksi pengetahuan sehingga peserta didik hanya menerima konsep jadi kemudian menggunakan konsep tersebut dengan mengaplikasikan pada masalah dengan meniru dari cara penyelesaian masalah pada contoh soal. Hal ini mengakibatkan masih banyak peserta didik merasa bingung dan malas belajar mandiri. Di sisi lain daya dukung belajar daring peserta didik yang masih rendah mengakibatkan tidak semua aplikasi dapat digunakan. Sebagian besar peserta didik mempunyai HP yang tidak support jika diinstal aplikasi yang berat. Dari kondisi ini diperlukan pengembangan LKPD yang penyajiannya melalui proses berpikir atau konstruksi pengetahuan yang mendukung pembelajaran daring atau blended learning yang bisa digunakan di semua HP peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan LKPD online berbasis penemuan terbimbing yang valid praktis dan efektif meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang tahapannya meliputi analysis (analisis) design (perancangan) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Jetis Ponorogo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi materi angket validasi LKPD angket kemandirian belajar matematika peserta didik dan angket respon peserta didik. Proses pengembangan LKPD online berbasis penemuan terbimbing pada tahap analysis meliputi analisis kebutuhan siswa dan analisis kurikulum. Tahap design meliputi perancangan produk dan platform yang digunakan. Tahap development meliputi pengembangan LKPD berbasis penemuan terbimbing dalam bentuk online menggunakan liveworksheets dan google form dan validasi instrument penelitian. Pada tahap implementation dilakukan uji coba kelas kecil dan uji coba satu kelas. Dan terakhir tahap evaluation yaitu perbaikan dan revisi produk. Berdasarkan penilaian dari para ahli materi dan ahli media (LKPD) LKPD telah memenuhi kriteria valid dan reliabel sebesar 81 73% untuk validitas materi dengan reliabilitas 0 81 dan 84 24% untuk validitas media (LKPD) dengan reliabititas 0 84. Sedangkan dari hasil angket respon peserta didik LKPD telah memenuhi kriteria praktis sebesar 81 79% dan masing-masing aspek penilaian semua berada di atas 70%. Sedangkan dari hasil pengerjaan LKPD dan dari hasil angket kemandirian belajar dan angket respon peserta didik LKPD sudah memenuhi kriteria efektif yang ditunjukkan dengan ketuntasan 83 33% dan ketuntasa masing-masing LKPD semua berada di atas 70% sedangkan untuk kemandirian belajar meningkat dari 68 88% menjadi 81 79% atau meningkat sebesar 12 91%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD online berbasis penemuan terbimbing telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196942

Actions (login required)

View Item View Item