Pengaruh type gamer pebelajar pemrograman beraktivitas gamifikasi terhadap hasil belajar / Putri Fadilla Azzahra Fazarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh type gamer pebelajar pemrograman beraktivitas gamifikasi terhadap hasil belajar / Putri Fadilla Azzahra Fazarini

Fazarini, Putri Fadilla Azzahra Fazarini (2021) Pengaruh type gamer pebelajar pemrograman beraktivitas gamifikasi terhadap hasil belajar / Putri Fadilla Azzahra Fazarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang dijelaskan di sini menyajikan pengaruh dari Type Gamer terhadap proses pembelajaran menggunakan Gamification. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah Type Gamer pebelajar dalam pembelajaran Gamification mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan literatur tipe gamer menurut Bartle terdapat empat macam tipe gamer berupa Killer Sosial Eksplor dan Berprestasi. Terdapat 101 mahasiswa yang menjadi subjek penelitian untuk menentukan tipe gamer dari masing-masing mereka yang akan dilihat pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa. Pencapaian hasil belajar mahasiswa yang terbanyak adalah dengan nilai A dan yang paling sedikit adalah nilai C. Pebelajar dengan Type Gamer Socializer lebih unggul dibandingkan dengan yang lain. Akan tetapi hasil tersebut tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajarnya. Penelitian ini dibatasi oleh Type Gamer dan daftar hasil belajar dari masing-masing mahasiswa. Untuk subjek penelitian ini dibatasi kepada mahasiswa angkatan tahun 2020 Jurusan Teknologi Pendidikan yang mengambil Mata Kuliah Pemrograman Visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196920

Actions (login required)

View Item View Item