Pengembangan personalized media berdasarkan gaya belajar siswa pada pembelajaran materi alat optik di kelas viii Sekolah Menengah Pertama / Wahyu Dwi Kusrini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan personalized media berdasarkan gaya belajar siswa pada pembelajaran materi alat optik di kelas viii Sekolah Menengah Pertama / Wahyu Dwi Kusrini

Kusrini, Wahyu Dwi (2021) Pengembangan personalized media berdasarkan gaya belajar siswa pada pembelajaran materi alat optik di kelas viii Sekolah Menengah Pertama / Wahyu Dwi Kusrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran yang banyak dikembangkan saat ini lebih berfokus pada satu atau dua gaya belajar saja. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab siswa merasa bosan dan tidak antusias mengikuti pembelajaran. Beragam gaya belajar siswa dapat diakomodasikan dalam media pembelajaran dengan melakukan personalized media. Personalized media membuat siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih baik karena dianggap sesuai dengan kebutuhan dirinya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa personalized media berdasarkan gaya belajar siswa yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA materi alat optik kelas VIII SMP. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan oleh Lee amp Owens yang terdiri dari 5 tahapan sebagai berikut (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Pengembangan produk dilakukan sampai pada tahap ketiga yaitu pengembangan. Subjek validasi ahli yaitu ahli media dan ahli materi yang kemudian diuji coba kepada 16 siswa kelas VIII di SMPIT Ar Rahmah Lumajang. Hasil pengembangan personalized media dinyatakan layak dengan presentase kelayakan sebesar 98 75% dari ahli media dan 83 3% dari ahli materi. Respon siswa terhadap personalized media mendapatkan tanggapan yang sangat baik. Analisis hasil belajar dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 83% menunjukkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan personalized media mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan personalized media menghasilkan produk yang layak digunakan dalam pembelajaran materi alat optik kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196892

Actions (login required)

View Item View Item