Pengembangan media video animasi pembelajaran materi ayo berwudhu untuk mata pelajaran agama islam dan budi pekerti kelas ii SDN Pamaroh 2 Pamekasan / Qoriatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video animasi pembelajaran materi ayo berwudhu untuk mata pelajaran agama islam dan budi pekerti kelas ii SDN Pamaroh 2 Pamekasan / Qoriatul Hasanah

Hasanah, Qoriatul (2021) Pengembangan media video animasi pembelajaran materi ayo berwudhu untuk mata pelajaran agama islam dan budi pekerti kelas ii SDN Pamaroh 2 Pamekasan / Qoriatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran berbasis video animasi pada pelajaran agam islam dan budi pekerti ini memiliki kelebihan yaitu tampilan video ini membuat siswa tidak mudah bosan dalam proses belajar hal itu terbantu dengan tampilan layar yang warna-warni sehingga menarik untuk ditonton oleh para siswa. Pada video animasi ini juga memuat unsure-unsur multimedia berupa teks gambar suaru dan animasi sehingga dengan adanya penerapan prinsp tesebut media ini dapat digunakan untuk pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengahsilkan produk media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran agama islam dan budi pekerti dengan tema berwudhu rsquo pada kelas 2 SDN Pamaroh II Pamekasan sehingga dapat dgunakan dalam kegiatan proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall dalam (Setyosari 2013) dengan menggunakan tujuh tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal perencanaan pengembangan format prduk awal uji coba awal revisi prduk uji coba lapangan dan revis produk akhir. Subjek uji coba pada pengembangan media pembelajara video animasi pelajaran agama islam tentang berwudhu adalah siswa kelas II SDN Pamaroh 2 Pamekasan. Jenis data yang digunakan disesuaikan dengan jenis data yang dibutuhkan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket ahli media materi dan siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli media materi dan juga siswa. Pada validasi ahli media menunjukkan nilai sebesar 93%. Video animasi pembelajaran valid dan layak digunakan. Pada validasi ahli materi menunjukkan nilai sebesar 89%. Video animasi pembelajaran valid dan layak digunakan. Selanjutnya hasil uji coba perorangan terhadap siwa menunjukkan nilai 100% valid dan layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran agama islam dan budi pekerti pada materi berwudhu untuk kelas II SD dapat mengatasi dan membantu masalah belajar siswa dan meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196880

Actions (login required)

View Item View Item