Cahyaningrum, Nadila Eka Okta (2021) Pengembangan media animasi dalam model pembelajaran STAD (student teams achievement divisions) materi sistem peredaran darah manusia di SMP / Nadila Eka Okta Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegiatan pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan dapat mengurangi motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran selain itu materi yang banyak dengan kompleksitas tinggi jika tidak didukung dengan media dan model pembelajaran yang tepat akan menurunkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan media animasi pembelajaran yang layak dan efektif dalam model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMP. Penelitian ini termasuk dalam metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Sadiman dan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket tertutup selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan validasi terhadap kualitas teknis pemanfaatan dan hasil belajar diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 90% hasil validasi ahli media 99 2% dan hasil evaluasi dari siswa meliputi hasil evaluasi satu lawan satu (one to one) sebesar 96 2% hasil evaluasi kelompok kecil (small group evaluation) sebesar 84 6% dan hasil evaluasi lapangan (field evaluation) sebesar 90 2%. Berdasarkan kriteria kelayakan maka keseluruhan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media animasi termasuk kategori valid atau layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar diperoleh dari data pre test dan post test. Data tersebut dianalisis menggunakan Uji Paired Sample T-Test dan diperoleh hasil Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0 000 lt 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata nilai pre test dan post test. Hal tersebut berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi dalam model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196878 |
Actions (login required)
View Item |