Hubungan model pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan berpikir kreatif dan kritis mahasiswa matakuliah manajemen dan evaluasi program diklat jurusan TEP FIP UM / Yustica Wanda Rahmadianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan model pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan berpikir kreatif dan kritis mahasiswa matakuliah manajemen dan evaluasi program diklat jurusan TEP FIP UM / Yustica Wanda Rahmadianti

Rahmadianti, Yustica Wanda (2021) Hubungan model pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan berpikir kreatif dan kritis mahasiswa matakuliah manajemen dan evaluasi program diklat jurusan TEP FIP UM / Yustica Wanda Rahmadianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di abad 21 bertujuan untuk membentuk intelegensi siswa yang tidak hanya sekedar untuk mencari tahu namun juga dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi di sekitar lingkungan secara berarti relevan dan kontekstual. Pembelajaran siswa yang kontekstual tersebut dapat melatih berpikir kritis kemampuan menguasai teknologi kooperatif kreatif dan kolaborasi. Pada saat ini umumnya pembelajaran lebih cenderung individu sehingga siswa kurang mampu mengkontruk pengetahuannya sendiri dan kurang terlibat dalam pembelajaran yang diajarkan. Kurangnya keterlibatan ini mengurangi makna dari pembelajaran yang aktif dan efektif. Jadi perlu diterapkan model pembelajaran berbasis proyek yang berguna untuk membentuk kemampuan siswa secara mandiri melalui penekanan belajar kontekstual dengan kegiatan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan berpikir kreatif dan kritis mahasiswa TEP FIP UM. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi pearson. Populasi penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa TEP FIP UM angkatan 2017 konsentrasi Diklat berjumlah 82 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa angket yang disebar secara daring pada google form. Analisis data menggunakan Uji Korelasi Pearson Product Moment. Pengujian data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji berikutnya yaitu menggunakan uji normalitas dengan bantuan SPSS 20. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat hubungan model pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan berpikir kreatif dan kritis dimana hasil diperoleh dari uji korelasi product moment dengan r hitung sebesar 0 442 gt r tabel 0 220. Dalam hal ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan model pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan berpikir kreatif dan kritis mahasiswa matakuliah manajemen dan evaluasi program diklat jurusan TEP FIP UM. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran proyek diharapkan bagi mahasiswa agar mampu memahami mengkontruk pemahaman secara mandiri mampu berkolaborasi agar kemampuan berpikir di dalam dirinya lebih maksimal terutama pada kemampuan berpikir kreatif dan kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196875

Actions (login required)

View Item View Item