Pengembangan media video animasi pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab / Indriani Made Alfia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video animasi pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab / Indriani Made Alfia

Alfia, Indriani Made (2021) Pengembangan media video animasi pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab / Indriani Made Alfia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan pembelajaran tidak dapat dilihat dari hasil belajar yang baik semata tetapi keberhasilan pembelajaran akan didapatkan ketika siswa tertarik untuk berpartisipasi dalam siklus pembelajaran dan terlibat secara aktif di dalamnya. Inilah mengapa keterlibatan siswa dipandang sebagai salah satu indikator keberhasilan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di SMPN 2 Mantup memiliki permasalahan keterlibatan siswa yang rendah. Hal ini dikarenakan kebanyakan siswa merasa sulit untuk menerima materi bahasa arab karena kemampuan mereka dalam membaca menulis dan menerjemah bahasa arab sangat minim. Kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah membuat siswa tidak tertarik dalam belajar Bahasa Arab. Akibatnya kegiatan pembelajaran menjadi pasif. Siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Media video animasi pembelajaran dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media video animasi pembelajaran yang layak dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Model yang digunakan adalah model pengembangan Sadiman yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Validasi dilakukan kepada ahli media dan ahli materi dengan menggunakan instrumen berupa angket sedangkan sasaran uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mantup. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media video animasi pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil uji coba siswa menunjukkan bahwa dengan media video animasi pembelajaran tingkat keterlibatan siswa sebesar 81 05% dan termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196874

Actions (login required)

View Item View Item