Pengembangan bahan ajar interaktif materi kehidupan masyarakat pada masa pra aksara mata pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Dau Kabupaten Malang / Muhammad Khairul Azman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar interaktif materi kehidupan masyarakat pada masa pra aksara mata pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Dau Kabupaten Malang / Muhammad Khairul Azman

Azman, Muhammad Khairul (2021) Pengembangan bahan ajar interaktif materi kehidupan masyarakat pada masa pra aksara mata pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Dau Kabupaten Malang / Muhammad Khairul Azman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azman Muhammad Khairul. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Kehidupan Masyarakat pada Masa Pra Aksara Mata Pelajaran Ips Kelas VII Smpn 1 Dau Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Wedi S.Pd. M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom Kata Kunci Bahan Ajar Interaktif Kehidupan Masyarakat pada masa Pra Aksara. Bahan Ajar Interaktif digunakan sebagai sumber belajar yang dapat menarik siswa diera digital ini dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Hal ini diharapkan mampu diimplementasikan ketika belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai suplemen pelengkap didalam proses pembelajaran sehingga bisa menambah motivasi dan minat belajar anak didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan Bahan Ajar Interaktif mata pelajaran IPS materi Kehidupan Masyarakat pada Masa Pra Aksara yang layak. Bahan ajar interaktif dikemas dengan tampilan slide show pemanfaatannya menggunakan personal computer (pc) laptop dan sejenisnya. Rincian konten materi dan desain interfacenya dirancang dengan sistem user friendly agar mudah dimengerti dan dipakai oleh penggunanya. Rancangan penelitian ini meliputi seluruh proses pengembangan sistematis sesuai dengan model pengembangan yang digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Lee amp Owens. Hasil validasi ahli media dengan data kuantitatif dapat diperoleh analisis bahwa dari 20 aspek terdapat 18 item mendapat skor 4 serta mendapatkan respon positif. Analisis yang telah dilakukan terhadap tanggapan responden ahli media diperoleh hasil 3 9 lalu ahli materi mendapatkan hasil 3 2 sedangkan ujicoba ke siswa memperoleh hasil 3 8 sehingga dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Interaktif layak digunakan didalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196863

Actions (login required)

View Item View Item