Pengembangan multimedia linier pembelajaran bangun ruang mata pelajaran matematika sekolah dasar / Mohammad Mahdi Fahruly - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia linier pembelajaran bangun ruang mata pelajaran matematika sekolah dasar / Mohammad Mahdi Fahruly

Fahruly, Mohammad Mahdi Fahruly (2021) Pengembangan multimedia linier pembelajaran bangun ruang mata pelajaran matematika sekolah dasar / Mohammad Mahdi Fahruly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingkat pemahaman siswa yang berbeda menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Guru dapat menggunakan media pembelajaran di sekolah untuk menunjang kepentingan pembelajaran. Berdasarkan observasi di SDN Tampung 1 Rembang dapat disimpulkan bahwa belum terdapat media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga siswa kesulitan menyerap materi dari guru. Karena hal tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia linier untuk siswa kelas V pada mata pelajaran matematika dengan materi bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dirancang oleh William W. Lee dan Diana L. Owens yaitu menjelaskan langkah ndash langkah yang di perlukan untuk pembuatan sebuah multimedia terutama multimedia yang berbasis linier Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil produk multimedia linier yang telah memenuhi kriteria layak digunakan dalam pembelajaran setelah proses validasi dan uji coba. Pada ahli media diperoleh rata-rata nilai sebesar 98%. Pada ahli materi diperoleh rata-rata nilai sebesar 93%. Pada uji coba perorangan melibatkan 2 siswa dan didapat nilai sebesar 96 6% yang dalam hal ini termasuk valid dan bisa dilanjutkan pada tahap uji Kelompok kecil yang melibatkan 15 siswa dengan hasil sebesar 96 6% juga termasuk valid sehingga setelah uji kelompok kecil dilanjutkan tahap uji Lapangan yang diikuti seluruh kelas dengan jumlah total 37 siswa diperoleh nilai 94% dengan hasil valid sehingga media dapat digunakan. Maka dari kriteria yang telah dipenuhi produk pengembangan multimedia linier bagi siswa kelas V di SDN Tampung 1 Rembang siap digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196860

Actions (login required)

View Item View Item