Pengembangan media pembelajaran virtual reality materi bioma di dunia kelas XI SMA / Wahyu Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran virtual reality materi bioma di dunia kelas XI SMA / Wahyu Pratama Putra

Putra, Wahyu Pratama (2021) Pengembangan media pembelajaran virtual reality materi bioma di dunia kelas XI SMA / Wahyu Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran geografi pada materi bioma didunia kelas 11 SMA masih menggunakan modul sebagai media pembelajaran. Hal tersebut ternyata tidak relevan dengan tuntutan pembelajaran daring akibat dari aturan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Pembelajaran pada materi tersebut membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran daring. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan memanfaatkan media-media teknologi digital khususnya yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan smartphone. Teknologi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut ialah teknologi Virtual Reality yang memuat materi tentang bioma di dunia. Hal ini dikarenakan VR mampu diakses secara online oleh peserta didik dan memberika pengalaman pembelajaran baru yang lebih interaktif. Tujuan dari penelitian pengembangan ini ialah menghasilkan produk berupa media pembelajaran Virtual Reality yang valid dan layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran geografi materi bioma di dunia kelas XI SMA baik secara daring maupun tatap muka. Pengembangan VR ini menggunakan model pengembangan menurut Sadiman. Adapun diantaranya langkah-langkah dari model ini antara lain (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik (2) merumuskan tujuan intruksional (3) merumuskan butir-butir materi (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan (5) menulis naskah media dan 6) mengadakan tes dan revisi. Subjek penelitian dalam uji coba kelompok besar ialah 15 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Malang yang mengikuti mata pelajaran geografi. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Produk media pembelajaran VR ini telah memenuhi kriteria layak untuk digunakan dengan perolehan nilai yaitu 98 2% atau 3 92 oleh ahli media 88 6% atau 3 54 oleh ahli materi dan 91% atau 3 64 pada uji coba lapangan kelompok besar dari nilai yang diharapkan yaitu 100% dan 4 00. Saran pengembang terkait sasaran media yaitu peserta didik dan guru ialah bahwa sebelum penggunaan media diharapkan membaca terlebih dahulu buku petunjuk pembelajaran agar tampilan VR dapat maksimal. Selain itu guru dapat berekplorasi terhadap media dengan memadukannya pada model pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196858

Actions (login required)

View Item View Item