Eksistensi pengendara becak tradisional di Kota Malang / Athirotul Warda - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi pengendara becak tradisional di Kota Malang / Athirotul Warda

Warda, Athirotul (2021) Eksistensi pengendara becak tradisional di Kota Malang / Athirotul Warda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seluruh sektor di kehidupan manusia terpengaruh dengan adanya kemajuan yang ada di era globalisasi salah satunya yaitu sektor transportasi. Transportasi menjadi salah satu sektor vital pada kehidupan manusia yang akan terus berkembang seiring dengan tingginya pemenuhan kebutuhan mobilitas yang tidak terbatas. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari peranan moda transportasi tradisional yang salah satunya masih bertahan hingga saat ini yakni becak tradisional. Becak di Kota Malang menjadi salah satu yang menjadi pilihan untuk kategori transportasi umum bagi masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Menganalisis eksistensi pengendara becak tradisional di Kota Malang 2) Menganalisis dinamika kehidupan sosial ekonomi pengendara becak tradisional di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Lokasi penelitian berada di tiga lokasi area Kota Malang diantaranya Stasiun Malang Pasar Besar Malang dan Alun-alun Kota Malang. Proses pengambilan data dilakukan secara langsung melalui teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana. Adapun uji keabsahan data yang dibentuk dari 4 tahapan yakni meliputi uji kredibialitas uji transferability uji dependability dan uji confirmability. Hasil penelitian menemukan adanya penurunan eksistensi dari becak tradisional yang sekaligus berpengaruh pada profesi pengendara becak tradisional di Kota Malang. Menurunnya eksistensi dari profesi pengendara becak tradisional di Kota Malang dilatarbelakangi tiga faktor diantaranya keberadaan ojek online peralihan ke becak motor dan kemampuan bersaing yang cenderung rendah dari pengendara becak tradisional. Dalam menjaga eksistensi becak sebagai alat transportasi pengendara becak tradisional melakukan cara dengan memberikan perawatan secara berkala terhadap becak nya. Hal ini menimbulkan adanya perubahan sosial ekonomi secara pesat pada kehidupan pengendara becak tradisional di Kota Malang. Kehidupan sosial pengendara becak tradisional di Kota Malang diisi oleh banyak pendatang yang berasal dari latar belakang pekerjaan dengan gaya selingkung yang berbeda. Secara ekonomi kehidupan pengendara becak tradisional di Kota Malang mengalami penurunan pendapatan yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Penurunan ekonomi ditambah dengan adanya pembayaran wajib sewa becak dan dalam memenuhi kebutuhannya mengandalkan pemberian anaknya. Data penelitian yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara hanya berbatas pada alasan pengendara becak tetap melakukan pekerjaan mengayuh becak yang mulai mengalami ketertinggalan. Berdasarkan hasi temuan penelitian diatas peneliti menyarankan adanya pembaruan informasi mengenai sistem sewa becak di Kota Malang dan motivasi para pengendara becak tradisional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196846

Actions (login required)

View Item View Item