Wijaya, Reyvita Wike (2021) Pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh di SMP Kota Malang / Reyvita Wike Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Wijaya R. W. 2021. Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Negeri Malang Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Agus Purnomo M.Pd (II) Idris S.S. M. M. Kata Kunci Dukungan orang tua Motivasi belajar Pembelajaran jarak jauh Selama masa pembelajaran jarak jauh akibat dari mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) peran orang tua amat diperlukan untuk mendukung keberhasilan pembelajaran. Salah satu dukungan yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan memberi anak motivasi untuk giat belajar walaupun dilakukan dari rumah. Dukungan orang tua dapat diartikan sebagai bantuan yang diberikan orang tua pada anak dalam bentuk verbal maupun non verbal yang menyebabkan tindakan berupa rasa emosional yang menguntungkan bagi penerima dukungan. Motivasi belajar merupakan faktor yang dominan untuk mempengaruhi keberhasilan pembelajaran namun fakta yang ditemukan di lapangan menunjukkan bahwa selama pembelajaran jarak jauh seperti sekarang motivasi belajar menjadi berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dukungan orang tua dalam bentuk dukungan informasi dukungan penghargaan dukungan instrumental dan dukungan emosional terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian yang dipilih adalah siswa SMP di Kota Malang yang saat ini sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda untuk mengetahui adakah pengaruh pada dukungan informasi (X1) dukungan penghargaan (X2) dukungan instrumental (X3) dan dukungan emosional (X4) terhadap variabel motivasi belajar anak (Y) selama pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua mencakup dukungan informasi dukungan penghargaan dukungan instrumental dan dukungan emosional. Hasil analisis statistik menujukan bahwa dari keempat variabel hanya variabel dukungan penghargaan yang tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Saran bagi orang tua diharapkan agar dapat bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mendukung keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Saran bagi anak sebaiknya dapat menambah semangat dan motivasi diri sendiri agar dapat lebih maksimal dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menganalisis pengaruh dukungan orang tua secara lebih mendalam dan memperhatikan karakteristik responden agar dapat memperdalam pembahasan dari masing-masing variabel dan memperoleh pembahasan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |